Wonderful Indonesia Pikat Pengunjung OzAsia Festival 2016 di Australia

Wonderful Indonesia Pikat Pengunjung OzAsia Festival 2016 di Australia
Menteri Pariwisata Arief Yahya. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - ADELAIDE – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya tak surut langkah dalam mempromosikan Wonderful Indonesia di pasar Australia. Kementerian Pariwisata bahkan menggeber promosi dengan berpartisipasi dalam OzAsia Festival di Adelaide, negara bagian South Australia, 20 September - 2 Oktober 2016.

OzAsia Festival merupakan festival kebudayaan Asia terbesar di Australia. Menpar Arief menyusupkan nuansa Wonderful Indonesia di ajang itu. "Bahkan promosi sekarang lebih ke sales," kata Arief.

Seperti diketahui, Australia pada 2016 ini menjadi pasar pariwisata yang seksi bagi Indonesia, terutama Bali. Kunjungan wisman Australia ke Indonesia seperti tak pernah putus, bahkan tak terpengaruh pasang surut hubungan diplomatik.

People to people relationship jauh lebih kuat dan mengakar daripada isu-isu politik yang hanya menjadi santapan elite saja. Bahkan, 2016 ini angka kenaikan inbound dari Australia naik signifikan.

Data paling gres dari ABS (Australia Bureau of Statistics), Mei dan April 2016, Indonesia untuk kali pertama menjadi jawara destinasi outbond bagi masyarakat Australia. Jumlah orang Australia yang berwisata ke luar negeri paling banyak ke Indonesia. Jumlahnya 105.500 wisatawan sebulan.

Angka itu sudah menyalip "Pure" Selandia Baru yang selama bertahun-tahun selalu jawara dan tidak terkalahkan dengan jumlah kunjungan wisman asal Australia mencapai 99.400 orang. Vinsensius Jepadu, Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Asia Pasifik Kemenpar mengatakan, setelah Indonesia menjadi destinasi outbond bagi masyarakat Australia, promosinya justru harus lebih tajam.

“Kalau dua bulan berturut-turut menjadi destinasi paling favorit, paling banyak dikunjungi warga Australia, berarti mereka semakin memahami Indonesia. Mereka mendapatkan informasi lebih banyak tentang keunikan dan tantangan objek wisata di tanah air,” katanya di Elder Park, Adelaide, Australia, Jumat (23/9) malam.

Serangan tajam pun langsung diarahkan ke OzAsia 2016, festival kebudayaan Asia terbesar di negara bagian South Australia. Elder Park yang menjadi lokasi pentas OzAsia akan diwarnai lebih banyak promosi tentang destinasi baru yang dirasa pas untuk warga Australia. 

ADELAIDE – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya tak surut langkah dalam mempromosikan Wonderful Indonesia di pasar Australia. Kementerian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News