Waduuh!! Proyek Gedung Baru Dewan Digarap Perusahaan Bermasalah

Waduuh!! Proyek Gedung Baru Dewan Digarap Perusahaan Bermasalah
Ilustrasi. Foto: dok jpnn

jpnn.com - BOGOR – Hasil lelang proyek pembangunan gedung DPRD Kota Bogor senilai Rp 72,7 miliar memunculkan tanda tanya besar. Pasalnya, perusahaan yang keluar sebagai pemenang ternyata punya rekam jejak tidak sedap.

Perusahaan yang dimaksud adalah PT Tirta Dhea Addonnics Pratama (TDAP). Meski nilai penawaran yang diajukan paling murah, yakni Rp 69, 798 miliar, namun PT TDAP masuk daftar hitam Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sejak tahun 2014 lalu. 

Pengamat jasa konstruksi Torik Nasution mengatakan, rekam jejak harusnya bisa menjadi bahan pertimbangan Unit Layanan Pengadaan (ULP) sebelum memutuskan pemenang.

“Jejak rekam tersebut adalah, kegagalan pembangunan lanjutan Mesjid Raya Baitul Makmur (MRBM) tahun 2015 di Kota Kotamobgu, Provinsi Sulawesi Utara. Juga adanya usulan dari ketua DPRD Klaten untuk memasukkan perusahaan tersebut dalam daftar hitam karena kegagalan pada pembangunan menara Mesjid Al Aqsa Klaten,” ungkap Torik pada Radar Bogor, Minggu (25/9).

Bagi perusahaan yang mempunyai track record buruk, dia menyarankan agar konsultan manajemen konstruksi (MK) dan Dinas Pengawsan Pembangunan dan Pemukiman (Wasbangkim) agar lebih ketat dalam pengawasan dan memonitoring pelaksanaannya. Meski pemenang lelang sudah final,  masih ada masa sanggah hingga 28 September nanti bagi perusahaan yang diundang dan kalah untuk mengajukan sanggahan.

Selain pemenang proyek yang bermasalah, keberadaan gedung baru DPRD Kota Bogor juga dinilai belum diimbangi kinerja anggota dewan yang mumpuni. 

Pengamat Kebijakan Publik Yus Fitriadi menilai, kinerja DRPD Kota Bogor dengan berbagai fungsi dan kewenangannya belum begitu maksimal, sehingga belum membutuhkan gedung dan fasilitas yang baru.

“Kalaupun dibangun gedung baru harus ada peningkatan kinerja. Misalnya aspirasi warga lebih banyak ditampung,”tukasnya

BOGOR – Hasil lelang proyek pembangunan gedung DPRD Kota Bogor senilai Rp 72,7 miliar memunculkan tanda tanya besar. Pasalnya, perusahaan yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News