Menteri EKo Optimistis BUMDes Angkat Kesejahtaraan Warga Desa

Menteri EKo Optimistis BUMDes Angkat Kesejahtaraan Warga Desa
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Eko Putro Sandjojo. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - PONOROGO - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Eko Putro Sandjojo meyakini pembentukan badan usaha milik desa (BUMDes) ‎menjadi satu langkah tepat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat perdesaan. Karenanya desa perlu terus didorong untuk membentuk BUMDes guna membantu warga.

Eko mengatakan, BUMDes bisa membantu para petani. Termasuk menyalurkan hasil pertanian.

"‎Coba nanti, usahanya (BUMDes) yang berkaitan erat dengan kebutuhan hidup yang dasar. Seperti bahan pokok, gas dan lainnya," ujar Eko saat meresmikan BUMDes Arum Dalu di Desa Ngabar, Siman, Ponorogo,‎ Jawa Timur, Senin (26/9).

Menurut Eko, tidak masalah jika bidang usaha BUMDes diawali dari hal-hal kecil. Sebab dari pengalaman dan kisah sukses para pengusaha, pada umumnya juga mengawali perjalanan dari bawah.

Mereka berhasil karena melakoninya dengan ketekunan dan menerapkan manajemen yang baik. “Begitu pula dalam memulai usaha di BUMDes, carilah usaha pokok yang sangat dibutuhkan masyarakat. Fokus terus dan memiliki skala untuk terus mengembangkannya," ujar Eko.

Selain itu Eko juga mengatakan, desa-desa yang maju di Indonesia karena dokus dalam pengelolaan usaha. Misalnya, beberapa desa di Yogyakarta atau Klaten memilih fokus di bidang pariwisata  dengan melahirkan konsep desa wisata.

"Jadi penting untuk fokus. Sehingga pengelolaan dana desa dapat lebih baik. Dana desa boleh dimanfaatkan untuk BUMDes. Tapi, perlu dilakukan dengan sangat baik dan memiliki skala ukur," ujar Eko.(gir/jpnn)


PONOROGO - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Eko Putro Sandjojo meyakini pembentukan badan usaha milik desa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News