Luhut Bujuk Jepang Mau Garap Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Luhut Bujuk Jepang Mau Garap Kereta Cepat Jakarta-Surabaya
Menko Bidang Maritim Luhut B Pandjaitan. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim, Luhut Binsar Pandjaitan sedang melawat ke Jepang.

Di Negeri Sakura itu, Luhut bertemu dengan dengan Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang Keiichi Ishii, Wakil Menteri Luar Negeri Shinsuke Sugiyama; dan beberapa anggota muda Liga Parlemen Jepang-Indonesia. Salah satu tujuan mantan kepala staf kepresidenan itu ke Jepang memang untuk mengundang investor untuk membiayai proyek infrastruktur.

Menurut dia, Jepang bisa menggarap proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya.  "Secara pribadi saya juga yakin teknologi Jepang tepat untuk proyek ini," ujar Luhut dalam siaran persnya sebagaimana dikutip RMOL, Minggu (9/10).

Kereta cepat rute Jakarta-Surabaya ditargetkan mampu melaju dengan kecepatan 180-200 km per jam. Dengan kereta cepat maka waktu tempuh antara Jakarta-Surabaya atau sebaliknya hanya sekitar 3,5 jam.

"Jalurnya kita bikin berupa rel ganda, yang memungkinkan untuk dimanfaatkan juga guna operasi peti kemas dry port antara Jakarta-Semarang-Surabaya," papar Luhut.

Luhut mengatakan, ada sasaran lain dengan mengundang Jepang. Yakni alih teknologi dari negeri kampiun industri dan elektronik itu.(rmo/jpg/ara/jpnn)


JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim, Luhut Binsar Pandjaitan sedang melawat ke Jepang. Di Negeri Sakura itu, Luhut bertemu dengan dengan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News