Dor..Dor! Anggota TNI Terluka dalam Kontak Senjata dengan KKB

Dor..Dor! Anggota TNI Terluka dalam Kontak Senjata dengan KKB
Anggota TNI yang terkena tembakan dirawat di RSU Marthen Indey Jayapura. Foto: Cenderawasih Pos

jpnn.com - JAYAPURA - Tim Ambush TNI dari Pos Maleo dan Pos Taipur terlibat kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Philia di Kampung Guenggu, Distrik Gurage, Kabupaten Puncak Jaya, Sabtu (22/10) kemarin.

Kontak senjata terjadi sekitar pukul 15.05 WIT. Akibatnya, seorang anggota TNI atas nama Pratu Yani mengalami luka ringan di kaki dan lengan akibat terserempet peluru. 

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teguh Pudji Raharjo yang dikonfirmasi membenarkan adanya kontak senjata tersebut. “Satu anggota kita mengalami luka ringan terkena kikisan peluru. Korban dalam keadaan baik dan sudah bisa kembali ke satuannya untuk melaksanakan tugas,” kata Teguh seperti dikutip dari Cenderawasih Pos, Senin (24/10).

Kontak tembak dengan KKB ini menurut Teguh terjadi saat personel Tim 1 yang dipimpin Kapten Inf Wirahady bersama Letda Inf Tegar Aji dari Pos Maleo dan Letda Inf Zaenudin dari Pos Taipur  melaksanakan perjalanan ke Titik Kumpul. Sekitar pukul 15.00 WIT, perseonel dari Tim 2 dipimpin Lettu Inf Wahyu dari Pos Taipur dan Lettu Inf Agung (Dantimsus 1 Maleo) melaksanakan konsolidasi di Kampung Guenggu, Distrik Gurage.

Dalam kondisi tersebut menurut Teguh, tiba-tiba terdengar bunyi tembakan dari atas ketinggian. “Dalam kontak tembak itu, Pratu Yani personel Tim 2 terkena kikisan peluru di tangan kiri dan kaki kanan sehingga mengalami pendarahan. Korban kemudian ditandu ke Pos Gurage di Distrik Gurage,” tuturnya. 

Untuk membantu evakuasi serta mendukung pasukan Ambush menurut Teguh, personel dari Pos Gurage dikerahkan ke Kampung Yagonik, Distrik Gurage. Sekitar pukul 17.00 WIT, tim evakuasi dari Mulia yang dipimpin Dandim 1714/Puncak Jaya, Letkol Inf Hendriatno tiba di lokasi menggunakan empat unit kendaraan. 

“Anggota yang terkena kikisan peluru langsung dievakuasi dan tiba di RSUD Mulia sekitar pukul 20.45 WIT untuk dilakukan perawatan medis,” ujarnya.

“Korban kemudian dievakuasi ke RSU Marthen Indey Jayapura. Saya sudah melihat korban, lukanya sudah dibersihkan dan tidak ada proyektil yang bersarang di tubuhnya,” sambungnya. 

JAYAPURA - Tim Ambush TNI dari Pos Maleo dan Pos Taipur terlibat kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Philia di Kampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News