Mantap, TNI AL Gagalkan Penyelundupan 37 TKI Ilegal

Mantap, TNI AL Gagalkan Penyelundupan 37 TKI Ilegal
TKI. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - BATUAMPAR-- Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) 4 Unit 1 Lantamal IV berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 37 warga negara Indonesia ke Malaysia pada Selasa lalu.

Komandan Pangkalan Utama AL IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI S. Irawan memaparkan, penggagalan upaya penyelundupan itu berawal dari Tim WFQR 4 yang melaksanakan patroli rutin di Perairan Teluk Jodoh.

"Tepat pukul 23.35, kami menemukan lima speedboat pancung. Tapi, yang dua melarikan diri ke arah OPL (outer port limit, Red)," ucapnya.

Berdasar pemeriksaan terhadap tiga speedboat pancung yang dibekali dengan mesin tempel berkapasitas 75 PK dan 40 PK tersebut, Tim WFQR 4 tidak menemukan dokumen paspor dari calon TKI yang akan diberangkatkan tersebut.

"Mereka ilegal masuk ke negara orang. Tidak ada surat-surat dan penyelundupan itu sepertinya sindikat internasional," tuturnya.

Setelah tiga speedboat pancung itu diamankan, salah satu kapal yang kabur saat dilakukan penangkapan akhirnya menyerahkan diri.

Termasuk tekong yang merekrut calon TKI ilegal itu, Ahmad Jurari.

"Yang kami amankan ada 40 orang. Tiga di antaranya menyerahkan diri setelah tiga kapal lain kami amankan," terangnya.

BATUAMPAR-- Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) 4 Unit 1 Lantamal IV berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 37 warga negara Indonesia ke Malaysia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News