Anunya Penyakitan? Coba Dikhitan

Anunya Penyakitan? Coba Dikhitan
Ilustrasi: WikiHow

jpnn.com - KHITAN atau sunat sudah menjadi hal lazim di kalangan laki-lak- muslim. Bahkan kini semakin banyak muslim yang dikhitan sejak kecil.

Namun ada pula pria dewasa yang belum dikhitan. Tak sedikit dari mereka yang terkena penyakit yang mewajibkan dukhitan.

Pakar khitan dan Pendiri Rumah Sunatan dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS menjelaskan, ada 10 penyakit yang mengharuskan pria segera disunat. Apa saja itu?

1. Fimosis.
Yakni kondisi di mana didapatkan konstriksi atau penyempitan dari ujung kulit depan kulup (foreskin) penis. Fimosis bisa ditemukan karena faktor bawaan sejak lahir  atau juga bisa akibat peradangan lubang pada kulit penis.

2. Parafimosis
Kondisi di mana saat kulup tidak bisa ditarik kembali ke kepala penis. Hal ini bisa menyebabkan kulup membengkak dan tersangkut sehingga mencegah peredaran darah terjadi secara optimal pada penis.

3. Balanitis
Yakni pembengkakan dan rasa nyeri atau iritasi kulit dan kepala penis. Kondisi ini cenderung lebih sering terjadi pada pria yang tidak disunat.

4.Kondiluma akuminata
Kutil di dalam atau di sekeliling vagina, penis, atau dubur yang ditularkan melalui hubungan seksual. Kulit genitalis paling sering tumbuh di permukaan tubuh yang hangat dan lembab. Pada pria, area yang sering terkena adalah ujung atau batang penis dan di bawah kulit depannya apabila tidak disunat.

5. Karsinoma sel skuamosa
Yakni kanker yang berasal dari lapisan epidermis. Penyakit bowen adalah suatu bentuk karsinoma sel skuamosa yang terbatas pada epidermis dan belum menyusup ke jaringan di bawahnya (dermis). Kulit yang terkena tampak cokelat dan merah dan bersisik atau berkeropeng dan mendatar, kadang menyerupai bercak pada psoriasis, dermatitis, atau infeksi jamur.

KHITAN atau sunat sudah menjadi hal lazim di kalangan laki-lak- muslim. Bahkan kini semakin banyak muslim yang dikhitan sejak kecil. Namun ada pula

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News