1 Tahun Berkarya, Dear Juliets Hadirkan Single Baru secara Crossover

1 Tahun Berkarya, Dear Juliets Hadirkan Single Baru secara Crossover
Titi DJ dan Dear Juliets. Foto: Sang Dewi Enterprise

jpnn.com - Musik pada dasarnya adalah hasil dan kerja kreatif dan selalu ada kolaborasi antara artis, penulis lagu, dan produser.

Tetapi ketika memasuki era pandemi seperti saat ini ruang alternatif yang menjadi pilihan bagi sebagian besar musisi adalah berkolaborasi secara virtual.

Apa yang dulu terjadi di studio rekaman atau sesi menulis bersama semakin banyak terjadi di sesi video langsung dan melalui pertukaran lirik dan file musik secara bolak-balik antar pihak yang berkepentingan.

Produksi dan konsumsi media digital semakin cepat dalam realitas baru pandemi COVID-19. Tapi khusus untuk musik lebih mudah dihadirkan secara virtual, seperti ketika membuat ide, menulis, dan memproduksi media yang dikonsumsi dalam segmen pendek, seperti “single” lagu, daripada bentuk media lain seperti film atau game.

Oleh karena itu, “penguncian di rumah saja” selama berbulan-bulan, emosi yang campur aduk, dan isolasi bagi pencipta musik dan penggemar, memicu inovasi dalam pembuatan dan konsumsi musik.

Setelah lagu ditulis dan fokus beralih ke produksi, mixing, dan mastering. Karya yang telah selesai dapat diadaptasi di studio musik dengan catatan selama rekaman individu dilakukan dalam kualitas tinggi. Vokal, instrumen, ketukan, semuanya dapat dicampur secara digital dengan sedikit atau tanpa degradasi.

Penutupan sekolah adalah salah satu dampak yang paling terlihat, dan kontroversial, di mana COVID-19 mempengaruhi anak-anak dan kaum muda.

Menurut UNESCO, pendidikan dari hampir 1,6 Miliar murid di 190 negara sejauh ini telah terpengaruh, itu adalah 90% dari anak-anak usia sekolah di dunia. Hingga saat ini, masih belum ada rencana pasti untuk membuka sekolah. Ada banyak perdebatan tentang peran pasti penutupan sekolah dalam menahan penyebaran virus secara keseluruhan.

Di ultahnya yang pertama, Dear Juliets meluncurkan lagu single terbaru mereka berjudul A Lotta Love

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News