10 Hal Unik Dialami Tubuh saat Mata Dipejamkan

10 Hal Unik Dialami Tubuh saat Mata Dipejamkan
Tidur akan menurunkan suhu tubuh. Getty Images

jpnn.com - SIAPAPUN yang mendengar kata tidur akan terbayang nyamannya kasur, istirahat yang nyenyak hingga relaksasi yang diperoleh seusai tidur. Tapi yang tidak banyak diketahui adalah saat tidur tubuh juga mengalami hal-hal unik. Apa sajakah itu?

1. Suhu tubuh menurun

"Tepat sebelum anda tidur, suhu inti tubuh anda mulai menurun," kata seorang psikolog dan pakar tidur dari Scottsdale, AZ, dan penulis buku The Sleep Doctor’s Diet Plan: Lose Weight Through Better Sleep, Michael Breus, PhD, seperti dilansir laman Yahoo! Shine, Selasa (19/11).

Namun penurunan suhu ini merupakan sinyal pada otak untuk melepaskan melatonin, yang mempengaruhi ritme kirkadian (jam biologis) dan mengatakan kepada tubuh bahwa inilah saatnya tidur.

Suhu tubuh terendah seseorang saat tidur terjadi sekitar pukul 2.30 pagi. Tak heran jika pada jam-jam itu anda terbangun, maka anda akan merasakan dingin yang luar biasa dan mendadak butuh selimut ekstra.

2. Berat badan turun

"Anda akan kehilangan banyak air lewat keringat dan pelepasan udara lembab dari dalam tubuh di malam hari," kata Dr. Breus.

Sebenarnya kondisi ini juga terjadi di siang hari, namun makan/minum saat anda terjaga tentu menghalangi penurunan berat badan. Untuk itu agar benar-benar efektif, tidurlah minimal tujuh jam dalam semalam.

SIAPAPUN yang mendengar kata tidur akan terbayang nyamannya kasur, istirahat yang nyenyak hingga relaksasi yang diperoleh seusai tidur. Tapi yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News