Rabu, 24 Juli 2019 – 09:51 WIB

10 Kiat Agar Tidak Terkena Flu Unta Saat Ibadah Umroh

Jumat, 26 Januari 2018 – 05:44 WIB
10 Kiat Agar Tidak Terkena Flu Unta Saat Ibadah Umroh - JPNN.COM

jpnn.com - Kementerian Kesehatan Saudi Arabia mengumumkan penyakit flu unta, atau disebut juga sebagai Middle East Respiration Syndrome Coronavirus (MERS-CoV), pertama kalinya pada September 2012, yang kemudian banyak berkembang di negara-negara Timur Tengah.

Menurut data dari Centers for Disease Control dan Prevention (CDC), 3-5 dari 10 pasien yang menderita MERS dilaporkan meninggal dunia.

Yang membuat banyak orang khawatir terhadap flu unta adalah karena belum ditemukannya vaksin untuk mencegah infeksi MERS-CoV. Pun jika seseorang tertular flu unta, biasanya mereka menerima perawatan medis untuk membantu menghilangkan gejala.

Meskipun vaksin flu unta belum ditemukan, bagi Anda yang ingin menjalankan ibadah umroh dalam waktu dekat tidak perlu khawatir.

Yang terpenting, Anda mengetahui beberapa tindakan pencegahan supaya terhindar dari flu unta saat menjalankan ibadah umroh. Berikut 10 langkahnya:

1. Hindari kontak langsung dan tidak langsung dengan unta, seperti minum susu unta mentah, mengonsumsi daging unta mentah atau yang tidak dimasak hingga matang, termasuk minum air kencing unta.

Hal ini dikarenakan MERS–CoV disebabkan oleh jenis virus yang bersifat zoonosis, yaitu infeksi virus karena kontak langsung maupun tidak langsung dengan hewan terinfeksi.

2. Rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Jika tidak ada sabun dan air mengalir di sekitar Anda, bisa juga menggunakan pembersih tangan yang memiliki kandungan alkohol (hand sanitizer).

SHARES
TAGS   Umroh flu unta
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar