10 Kontainer Bantuan Indonesia untuk Muslim Rohingya

10 Kontainer Bantuan Indonesia untuk Muslim Rohingya
Presiden Joko Widodo saat menyaksikan pengiriman bantuan untuk muslim Rohingya, Desember 2016. Foto: Biro Pers Kepresidenan.

jpnn.com - JPNN.com--Presiden Joko Widodo melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Rakhine State, Myanmar, khususnya komunitas Muslim, Rohingya, Kamis (29/12).

Bantuan yang dikirimkan melalui Dermaga III Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta itu terdiri dari 10 kontainer yang berisikan mi instan, makanan bayi berupa gandum dan sereal, serta sarung.

“Barang-barang ini merupakan barang yang memang diminta dari sana setelah Menteri Luar Negeri (Menlu) berkomunikasi beberapa kali dengan Pemerintah Myanmar,” kata Presiden yang akrab disapa Jokowi itu saat menyampaikan sambutannya.

Presiden menegaskan Indonesia menjalankan fungsi diplomasinya dengan kepedulian tanpa kegaduhan.

Pada 6 Desember 2016 lalu, Presiden Jokowi mengaku telah mengutus Menlu Retno Marsudi untuk bertemu dengan pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi untuk menyampaikan empat pesan mengenai tentang masalah Rohingya.

Terutama terkait pentingnya dibuka akses kemanusiaan ke Rakhine State, serta segera diciptakan stabilitas dan perdamaian

Termasuk menegaskan perlunya perlindungan dan penghormatan hak azasi manusia, terutama untuk komunitas muslim.

“Pesan yang sama saya ulangi pada saat bertemu dengan Kofi Annan di Bali, 9 Desember 2016, dan Menteri Luar Negeri Indonesia juga menegaskan kembali hal tersebut, pada pertemuan retreat para Menlu ASEAN di Yangoon, 19 Desember 2016,” ungkap Presiden.

JPNN.com--Presiden Joko Widodo melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Rakhine State, Myanmar, khususnya komunitas Muslim, Rohingya, Kamis (29/12).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News