100 Rumah di Banjarnegara Bakal Dipasangi BSG

100 Rumah di Banjarnegara Bakal Dipasangi BSG
Peresmi anseparator Biogenic Shallow Gas (BSG) di Desa Pegundungan, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, BANJARNEGARA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan separator Biogenic Shallow Gas (BSG) di Desa Pegundungan, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara Rabu (18/8).

Melihat adanya spirit desa yang mandiri energi lewat BSG ini, Ganjar berharap akan ada lebih banyak lagi tempat di Jawa Tengah yang memanfaatkan energi serupa di daerah masing-masing.

"Saya senang spirit desa mandiri energi bisa diwujudkan. Di tanah kita yang kita injak ternyata ada sesuatu yang bisa dimanfaatkan yaitu gas," kata Ganjar.

BSG ini sudah dialirkan dan digunakan 25 rumah. Setidaknya masih ada sekitar 138 rumah yang belum terpasang instalasi BSG.

Rencananya, ada 100 rumah yang akan dilakukan pemasangan instalasi dengan bantuan dari Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah.

"Mudah-mudahan nanti yang lainnya tinggal kita bereskan, ada sekitar 138 KK lagi yang akan menggunakan maka semua tercover. Nanti Dinas ESDM akan bantu 100, sisanya nanti dari desa. Lumayan (dengan BSG) tidak akan ada lagi uang yang dikeluarkan untuk beli elpiji karena di sini sudah disediakan," katanya.

Ganjar juga meminta peta geologis daerah mana lagi yang ada sumber gas rawa. Di titik-titik yang terpetakan tersebut nanti akan dibuat sumur-sumur untuk cadangan BSG.

"Kalaulah usianya 25 tahunan maka kita siapkan untuk tahun ke-26. Jadi di mana lagi sumbernya, kalau dapat 25 tahun lagi artinya kita bisa 50 tahun betul-betul mandiri. ungkapnya.

Gubernur Ganjar Pranowo berharap akan ada lebih banyak lagi tempat di Jawa Tengah yang memanfaatkan energi BSG.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News