11 Jasa Pengobatan Jarak Jauh Gratis Buat Pasien Covid-19 Ringan, Tak Perlu ke RS

11 Jasa Pengobatan Jarak Jauh Gratis Buat Pasien Covid-19 Ringan, Tak Perlu ke RS
Ilustrasi. Foto: tangkapan layar alodokter

jpnn.com, JAKARTA - Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali Luhut Binsar Panjaitan mengeklaim pemerintah telah melibatkan sebelas jasa telemedicine atau pengobatan jarak jauh swasta untuk melayani pasien dengan gejala Covid-19 ringan.

"Ada sebelas aplikasi telemedicine. Mereka bekerja untuk mengurangi tekanan di rumah sakit," kata pria yang juga menjabat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi itu dalam konferensi pers virtual dari Jakarta, Senin (5/7).

"Jadi, rumah sakit hanya untuk yang benar-benar membutuhkan. Yang lain cukup isolasi mandiri," imbuhnya.

Luhut mengatakan layanan tersebut bisa diakses masyarakat yang membutuhkan konsultasi dokter, agar memperoleh panduan yang benar seputar konsumsi obat atau vitamin maupun aktivitas selama masa pemulihan kesehatan di rumah.

Pemerintah mengapresiasi keterlibatan pihak swasta dalam layanan telemedicine secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Kami ucapkan terima kasih karena Anda terpanggil untuk melaksanakan ini semua," kata Luhut.

Di waktu yang sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengemukakan sejumlah kriteria bagi pasien bergejala ringan yang disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Lihat saturasi oksigennya apakah masih 95 ke atas dan tidak sesak serta komorbid, lebih baik isolasi mandiri di rumah," katanya.

Jangan panik soal pengobatan Covid-19. Lihat saturasi oksigennya, apakah masih 95 ke atas dan tidak sesak serta komorbid....

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News