11 Platform Telemedicine Ini Sediakan Layanan Kesehatan & Obat Gratis bagi Pasien Covid-19

11 Platform Telemedicine Ini Sediakan Layanan Kesehatan & Obat Gratis bagi Pasien Covid-19
Budi Gunadi menyebutkan ada 11 platform telemedicine yang bisa memberikan jasa konsultasi dokter dan pengiriman obat secara gratis. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berupaya untuk memastikan pasien Covid 19 yang menjalankan isolasi mandiri bisa tetap mendapat layanan kesehatan melalui telemedicine.

Layanan ini merupakan konsultasi kesehatan secara virtual yang bisa diakses kapan pun dan di mana pun oleh pasien Covid-19. Untuk tahap awal, fasilitas ini hanya berlaku di Jakarta.

Menurut Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, pasien Covid-19 yang isolasi mandiri membutuhkan konsultasi dan pengobatan yang tepat.

"Maka kami bekerja sama dengan 11 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter dan juga jasa pengiriman obat secara gratis," kata Menkes dalam konferensi pers, Senin (5/7).

Adapun 11 platform telemedicine tersebut, yakni; Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, KlikDokter, KlinikGo, Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, YesDok.

Melalui layanan itu, tenaga kesehatan bisa melakukan skrining awal untuk menentukan kategorisasi pasien bergejala ringan atau berat.

Kemudian, penanganan dan pemberian paket obat melalui fasilitas pelayanan kefarmasian yang ditunjuk oleh Kemenkes juga bisa ditentukan.

Paket obat akan dikirimkan secara gratis untuk yang bergejala dan yang benar-benar tanpa gejala.

Kemenkes berupaya memastikan pasien Covid 19 yang isolasi mandiri tetap mendapat layanan kesehatan melalui telemedicine.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News