11.546 Usulan Bansos yang Diajukan Pemohon Ditolak Pemkot Surabaya

11.546 Usulan Bansos yang Diajukan Pemohon Ditolak Pemkot Surabaya
Dua petugas Pemkot Surabaya sedang menata bantuan sosial (banso) di Posko Surabaya Peduli yang ada di halaman Balai Kota Surabaya. (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

jpnn.com, SURABAYA - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya, Jawa Timur,  M. Fikser mengatakan sebanyak 29.284 usulan bansos yang diajukan pemohon melalui Usul Bansos, sejak aplikasi itu  diluncurkan pada Agustus 2021.

Menurutnya, dari total jumlah 29.284 usulan bansos tersebut, sebanyak 6.187 di antaranya telah diterima.  

“Sebanyak 11.546 usulan ditolak dan 11.551 lainnya belum diverifikasi," kata Fikser di Surabaya, Senin (13/9). 

Dia menambahkan sebanyak 6.187 usulan bansos yang sudah diterima itu, rencananya akan mendapatkan bantuan dalam seminggu ini. 

Saat ini, Pemkot Surabaya sedang menyiapkan distribusi paket bantuan.

Sementara itu, kata Fikser, 11.546 usulan yang ditolak disebabkan karena setelah dicek warga tersebut sebelumnya sudah mendapatkan bantuan, seperti BST (Bantuan Sosial Tunai), PKH (Program Keluarga Harapan), BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) dari Kementerian Sosial (Kemensos) maupun sembako dari Pemkot Surabaya serta Pemerintah Provinsi Jatim.

"Kenapa ditolak? Karena setelah dicek warga tersebut sudah mendapatkan bantuan sosial. Karena di dalam aplikasi Usul Bansos ini juga terkoneksi dengan aplikasi yang sudah dimiliki pemkot sebelumnya. Seperti aplikasi bansos atau e-pemutakhiran data," ungkap Fikser.

Lebih lanjut mantan Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya itu mencontohkan, misalnya warga bernama A itu diusulkan oleh tetangganya agar mendapatkan bansos. 

Pemkot Surabaya menyatakan sebanyak 11.546 usulan bansos yang diajukan pemohon ditolak karena setelah dicek warga tersebut sudah pernah mendapatkan bantuan seperti BST, PKH, BPNT dari Kemensos, maupun sembako dari pemkot serta Pemprov Surabaya. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News