1,2 Juta Kendaraan Beroperasi, Makassar jadi Macet

1,2 Juta Kendaraan Beroperasi, Makassar jadi Macet
1,2 Juta Kendaraan Beroperasi, Makassar jadi Macet
MAKASSAR - Kota Makassar tak pernah sepi dari macet. Setiap saat dan di mana-mana dijumpai penumpukan kendaraan. Soalnya, jumlah kendaraan bermotor di kota ini terus bertambah. Dari total 2,2 juta unit kendaraan di Sulsel, 1,2 juta unit ada di Makassar.

Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sulsel terpaksa menambah layanan Samsat dengan meresmikan kantor baru di Jalan AP Pettarani, Kamis (22/11). Kantor pembantu Samsat Makassar tersebut untuk melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor yang mencapai 1,2 juta unit kendaraan setiap tahun di Makassar. Sedangkan di Sulsel mencapai 2,2 juta unit kendaraan roda dua maupun empat.

Kepala Dispenda Sulsel Azikin Sulthan mengatakan, pertumbuhan kendaraan di Sulsel, khususnya Makassar di atas 12-15 persen per tahunnya. Tahun 2011 lalu jumlah 1,7 juta unit dengan rata-rata pertambahan 12 persen sejak 2008 hingga 2011. Namun khusus Makassar pertumbuhannya mencapai 15 persen.

"Diperlukan fasilitas tambahan pelayanan pajak kendaraan demi memperlancar kontribusi masyarakat lewat pajak. Saat ini jumlah kendaraan di Sulsel mencapai 2,2 juta unit. Pelayanan Samsat Utama di Jalan Mappanyukki sudah krodit sehingat perlu dibuat layanan pajak yang lebih cepat," kata Azikin, Jumat 23 November.

MAKASSAR - Kota Makassar tak pernah sepi dari macet. Setiap saat dan di mana-mana dijumpai penumpukan kendaraan. Soalnya, jumlah kendaraan bermotor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News