12 Pelaut Mandar Wakili Asia di Brest Festival Prancis

12 Pelaut Mandar Wakili Asia di Brest Festival Prancis
Perahu Sandeq. Foto: Radar Sulbar/JPNN
JAKARTA - Budaya maritim dunia kembali mengakui ketangguhan pelaut Indonesia. Sebanyak 12 pelaut Mandar Sulawesi Barat akan mewakili Asia di Brest Festival yang akan berlangsung di Kota Brest Prancis, 13-19 Juli 2012.

Ke-12 orang Passandeq (pelaut Mandar) tersebut menjadi satu-satunya wakil Asia dalam festival maritim dunia itu empat tahun sekali itu. Delegasi Indonesia akan menjadi tamu kehormatan dalam festival tersebut.

Tahun ini, Brest Festival 2012 hanya menghadirkan lima tamu kehormatan. Yakni, Norwegia, Meksiko, Maroko, Swedia, Rusia dan Indonesia.

Selain 12 nelayan Mandar, Brest Festival juga mendatangkan tiga perahu Sandeq. Sandeq merupakan perahu tradisional bercadik khas Mandar. Satu perahu berasal dari Kabupaten Polewali Mandar dan dua perahu lainnya dari Kabupaten Majene. Kedua kabupaten ada di Provinsi Sulawesi Barat yang merupakan provinsi termuda di Indonesia.

JAKARTA - Budaya maritim dunia kembali mengakui ketangguhan pelaut Indonesia. Sebanyak 12 pelaut Mandar Sulawesi Barat akan mewakili Asia di Brest

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News