12 PTN Top Siapkan Kuota 50% untuk Mahasiswa Baru Lewat Seleksi Mandiri, Ini Daftarnya

12 PTN Top Siapkan Kuota 50% untuk Mahasiswa Baru Lewat Seleksi Mandiri, Ini Daftarnya
Universitas Indonesia. Foto: Universitas Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) kembali menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru untuk 2021.

Ada tiga jalur seleksi yang disiapkan yaitu seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN), dan seleksi mandiri.

Ketua LTMPT Prof Muhammad Nasih mengungkapkan, kuota untuk jalur SNMPTN minimum 20 persen. Jalur ini seleksinya berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya (yang ditetapkan oleh PTN). Seleksi ini dibiayai oleh pemerintah.

Jalur SNMPTN, kuotanya minimum 40 persen. Seleksinya berdasarkan hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

"Pelaksanaan tes UTBK SBMPTN dibiayai oleh peserta dan subsidi pemerintah," kata Prof Nasih dalam sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN 2021 secara daring, Sabtu (12/12).

Jalur seleksi mandiri, kuotanya maksimum 30 persen. Seleksinya bisa menggunakan hasil UTBK.

Ketentuan tersebut, kata Prof Nasih berlaku untuk perguruan tinggi negeri (PTN) secara umum. Untuk perguruan tinggi negeri badan hukum (PTN BH), ada pengecualian.

"Untuk PTN BH kuota SBMPTN minimum 30 persen. Sedangkan seleksi mandirinya maksimum 50 persen," ujarnya.

Siswa yang ingin masuk kampus top dan tidak lulus jalur SBMPTN bisa mencoba seleksi mandiri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News