12 Warga Australia Berada di Garis Depan Perangi Ebola

12 Warga Australia Berada di Garis Depan Perangi Ebola
12 Warga Australia Berada di Garis Depan Perangi Ebola

Sementara pemerintah Federal Australia memutuskan tidak akan mengirimkan petugas kesehatan atau personel militer guna membantu memerangi Ebola, sedikitnya ada 12 warga Australia berada di garis memerangi virus mematikan ini di Afrika Barat.

Sementara itu, berbagai tindakan pencegahan baru sudah diterapkan guna mencegah virus ini masuk ke Australia.

Menurut Direktur Kesehatan Utama Pemerintah Australia Prof Chris Baggoley, pihak berwenang sudah melakukan screening terhadap penumpang yang kembali dari Afrika Barat sejak awal Agustus.

"Mereka yang kembali dari Nigeria, Liberia, Sierra Leone dan Guinea sudah ditanya lebih serius." kata Prof Baggoley.

"Staf biosecurity menanyai mereka apakah mereka pernah melakukan kontak dengan pasien Ebola, apakah pernah menghadiri pemakaman, atau apakah mereka mengalami demam selama 24 jam terakhir." tambah Baggoley.

Selama dua bulan sampai pertengahan Oktober, pihak berwenang di bandara sudah melakukan pemeriksaan khusus terhadap lebih dari 700 penumpang di 10 bandara yang ada di Australia.

Sebuah sistem juga sudah dibentuk untuk memberikan peringatan kepada pihak berwenang bila ada pekerja kesehatan Australia ketika mereka meninggalkan daerah yang terkena dan ketika mereka tiba kembali di Australia.

Médecins Sans Frontières Australia mengatakan ada 12 warga Australia dan dua warga Selandia Baru yang berada di lapangan di Liberia dan Sierra Leone.

Sementara pemerintah Federal Australia memutuskan tidak akan mengirimkan petugas kesehatan atau personel militer guna membantu memerangi Ebola, sedikitnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News