133.564 Formasi CPNS 2023 & PPPK tak Terisi, Menteri Anas Sentil Pemda

133.564 Formasi CPNS 2023 & PPPK tak Terisi, Menteri Anas Sentil Pemda
MenPAN-RB Azwar Anas. Ilustrasi Foto: Humas KemenPAN-RB

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas menyoroti sejumlah masalah dalam pelaksanaan seleksi CASN 2023.

Salah satu yang paling disorot Menteri Anas ialah belum optimalnya usulan formasi yang diajukan oleh instansi pemerintah daerah. 

Saking sedikitnya formasi CPNS 2023 dan PPPK yang dibuka, membuat banyak honorer mengajukan komplain kepada KemenPAN-RB. Padahal, sedikitnya formasi yang dibuka pada seleksi CASN 2023 lantaran usulan pemda sangat minim.

“Dari usulan yang disampaikan pemerintah daerah, formasi CPNS yang tidak terisi sebanyak 27,55 persen, untuk formasi PPPK, sekitar 23 persen yang tidak terisi,” ungkap Menteri Anas dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI, Jakarta, Rabu (17/1).

Oleh karena itu, Menteri Anas mengatakan bahwa perlu beberapa evaluasi sekaligus perbaikan yang dilakukan pemerintah dengan mengacu pada pelaksanaan seleksi CASN 2023. Evaluasi itu diharapkan bisa makin menyempurnakan proses rekrutmen CASN 2024 yang akan dibuka untuk 2,3 juta formasi.

“Intinya, KemenPAN-RB dan BKN (Badan Kepegawaian Negara) selalu melakukan evaluasi. Masukan dari publik, akademisi, maupun instansi pemerintah pusat sampai daerah menjadi bahan evaluasi agar seleksi CASN makin baik lagi,” tutur Menteri Anas.

Secara nasional, KemenPAN-RB telah menetapkan kebutuhan ASN 2023 sebanyak 1.030.751.

Namun, tidak semua kebutuhan diusulkan oleh instansi pusat dan daerah. 

Menteri Anas mengungkapkan sebanyak 133.564 forrmasi CPNS 2023 & PPPK tidak terisi. Ini ada kaitannya dengan pemda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News