14 Tahun Hilang, Dua Lukisan Legendaris Ditemukan di Rumah Bos Narkoba

14 Tahun Hilang, Dua Lukisan Legendaris Ditemukan di Rumah Bos Narkoba
Para kurator dan pihak museum tersenyum lebar bersama dua lukisan Van Gogh yang berhasil ditemukan aparat Italia. Foto: AFP

jpnn.com - NAPLES - Polisi Italia berhasil mengungkap kasus yang sudah sangat lama ditunggu dunia, terutama para pencinta karya seni. 

Jumat (30/9) kemarin, tim investigasi menemukan dua lukisan karya seniman legendaris Belanda Vincent Van Gogh yang hilang dicuri di Amsterdam pada 2002, 14 tahun yang lalu!

Dua masterpiece itu adalah Seascape at Scheveningen (1882) dan Congregation leaving the Reformed Church at Nuenen (1884/1885).

"Lukisan itu ditemukan oleh tim khusus kejaksaan Italia yang menyelidiki organisasi kejahatan sangat terorganisir," bunyi pernyataan resmi Van Gogh Museum, yang dilansir AFP, Jumat (30/9).

Tim khusus tersebut menggerebek rumah milik bos besar gembong narkoba bernama Raffaele Imperiali.

"Hasil penyelidikan tim memastikan, mereka tertarik dengan karya seni dan menggunakannya sebagai bentuk investasi sekaligus bentuk pendanaan," kata Menteri Kebudayaan Italia Dario Franceschini.

Setelah penggerebekan, tim meminta para ahli memastikan keaslian dari dua lukisan tersebut.

"Kurator yang dipercaya, memastikan keaslian lukisan," imbuh Van Gogh Museum.

NAPLES - Polisi Italia berhasil mengungkap kasus yang sudah sangat lama ditunggu dunia, terutama para pencinta karya seni.  Jumat (30/9) kemarin,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News