Tak Sekadar Cantik, Finalis Miss Diaspora itu Mahasiswa Terbaik

Tak Sekadar Cantik, Finalis Miss Diaspora itu Mahasiswa Terbaik
Tri Mulyani Sunarharum. FOTO : dok pri

jpnn.com - Namanya Tri Mulyani Sunarharum. Sama seperti salah satu kata dalam namanya, Yani begitu biasa perempuan itu disapa berhasil mengharumkan nama Indonesia di dunia pendidikan Australia. Raihan positif itu dia bukukan kala namanya berhasil menjadi mahasiswa terbaik di Queensland University of Technology (QUT).

Prestasi itu menjadikannya mahasiswa internasional dan asal Indonesia pertama yang mendapat penghargaan tersebut.

Kini, bersama 33 kontestan lain dari lima benua, Yani tengah mengikuti ajang Miss dan Mr Diaspora yang diadakan oleh Indonesian Diaspora Network (IDN) Global. ”Kegiatan ini adalah program rutin tahunan yang diselenggarakan serentak di seluruh benua seperti Asia, Australia, Eropa, Afrika, dan Amerika. Tujuannya tentu dalam rangka meningkatkan kecintaan pada Indonesia,” katanya seperti dikutip ABC Australia Plus.

Menurut Yani, keikutsertaannya dalam ajang ini tak lepas dari niat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Sebab, siapapun yang terpilih, bakal menjadi duta negeri ini untuk menggemakan semangat dan budaya. Sehingga ketika dirinya dipercaya oleh IDN Australia untuk mewakili benua tersebut, dirinya tak bisa menolak.

”Tanpa pikir panjang saya ambil tawaran itu, meski waktunya sudah mepet untuk mendaftar. Saya menganggap ini sebuah amanah sekaligus kesempatan bagus untuk saya ke depannya bisa lebih berkontribusi untuk Indonesia." katanya.

Yani sendiri saat ini baru saja menyelesaikan PhD di bidang Perencanaan Wilayah dan Kota dengan penelitian mengenai perencanaan kolaborasi terkait penanggulangan bencana di DKI.

Kontes Miss dan Mr Diaspora sendiri diikuti oleh mereka yang berusia 16 – 29 tahun dan masih berstatus single. Penjurian dilakukan oleh 30 orang dari lima benua.  Pengumuman pemenang rencananya akan dilakukan pada tanggal 3 Oktober nanti. (JPNN/pda)


Namanya Tri Mulyani Sunarharum. Sama seperti salah satu kata dalam namanya, Yani begitu biasa perempuan itu disapa berhasil mengharumkan nama Indonesia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News