1.400 Ruang Kelas yang Rusak Akibat Gempa Belum Diperbaiki

1.400 Ruang Kelas yang Rusak Akibat Gempa Belum Diperbaiki
1.400 Ruang Kelas yang Rusak Akibat Gempa Belum Diperbaiki
PADANG - Sekitar 1.400 dari 3.400 ruang kelas yang rusak akibat gempa 2009, belum diperbaiki. Menyikapi itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meminta pemerintah kabupaten/kota aktif mengirimkan proposal bantuan ke pusat dan sejumlah donatur swasta.

"Pemprov juga bertanggung jawab bersama pemerintah pusat untuk membangun ribuan ruang kelas yang masih rusak ini," kata Gubernur Irwan Prayitno saat acara serah terima gedung SMPN 25 Padang yang dibantu Japan International Cooperation System (JICS) dan Japan International Cooperation Agency (JICA).

Ada 12 unit sekolah yang dibantu pemerintah Jepang, mulai dari SD hingga SMP. Empat sekolah di antaranya berada di Padang dan 8 sekolah di Padangpariaman.

"Kita akui, dana APBD kabupaten/kota juga terbatas. Tak hanya sekolah, pemda juga masih memprioritaskan pemulihan kembali terhadap rumah penduduk yang juga mengalami kerusakan. Ada sekitar 300 ribu rumah yang rusak. Semuanya akan kita tuntaskan tahap empat nanti," jelas Gubernur.

Gubernur berharap kerja sama Jepang dengan Indonesia tidak terputus begitu saja setelah pembangunan SMPN 25. "Tak hanya pendidikan, kita juga bisa kerja sama di bidang lainnya, seperti budaya dan perdagangan," ulasnya.

PADANG - Sekitar 1.400 dari 3.400 ruang kelas yang rusak akibat gempa 2009, belum diperbaiki. Menyikapi itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meminta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News