15 Siswa Kesatuan Bangsa School Borong Medali OSN 2023, Luar Biasa

15 Siswa Kesatuan Bangsa School Borong Medali OSN 2023, Luar Biasa
Reyhan Adhiguna Pamungkas, salah satu peserta perwakilan dari Kesatuan Bangsa Yogyakarta berhasil meraih prestasi di IESO. Foto dok. Kesatuan Bangsa School

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 15 siswa Kesatuan Bangsa School Yogyakarta memborong total 10 medali di Olimpiade Sains Nasional atau OSN 2023.

Mereka memperoleh 3 medali emas, 2 medali perak, dan 5 medali perunggu dalam perhelatan OSN tingkat SMA/MA yang digelar secara luring di Bogor, Jawa Barat. Juga di tingkat SMP/MTs secara daring pada 28 Agustus sampai 2 September 2023.

"Hal ini tidak lepas dari Tim Olympus dalam memberikan pelatihan dan dukungan secara penuh di bidang olimpiade," kata Kepala SMP Kesatuan Bangsa Ahmad Fauzi dalam keterangannya dikutip Selasa (5/9).

Perolehan 10 medali ini menempatkan DI Yogyakarta ke posisi 4 dalam provinsi terbaik di OSN 2023 di bawah DKI Jakarta yang menjadi juara, disusul Jawa Timur dan Banten.

Dalam ajang OSN 2023 ini 3 siswa SMP Kesatuan Bangsa berlaga di bidang IPA dan matematika. Juga ada 12 siswa-siswi SMA ikut ambil bagian dalam bidang Matematika, Biologi, Fisika, Informatika/Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Jumlah peserta OSN 2023 tingkat nasional adalah sebanyak 1.475 peserta dari 38 provinsi di Indonesia. Terdiri dari 230 peserta jenjang SD/MI, 354 peserta jenjang SMP/MTs, dan 900 peserta pada jenjang SMA/MA.

Selain sekolah yang berasal dari 38 provinsi di Indonesia, OSN 2023 diikuti 15 peserta dari lima sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Kelima sekolah yang berpartisipasi yakni SILN Malaysia, SILN Singapura, SILN Myanmar, SILN Saudi Arabia, dan SILN Den Haag-Belanda.

Selain penghargaan OSN 2023, Reyhan Adhiguna Pamungkas salah satu peserta perwakilan dari Kesatuan Bangsa Yogyakarta berhasil meraih prestasi di ajang International Earth Science Olympiad (IESO) yang diselenggarakan International Geoscience Education Organization (IGEO) pada 20-26 Agustus 2023 secara daring.

Sebanyak 15 siswa Kesatuan Bangsa School Yogyakarta berhasil memborong medali OSN 2023, bahkan salah satu siswanya menorehkan prestasi di IESO

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News