155 Peserta Ikuti Festival Tari Tenun dan Songket Nusantara 2023

155 Peserta Ikuti Festival Tari Tenun dan Songket Nusantara 2023
Sebanyak 155 peserta dari 21 sanggar di 38 provinsi mengikuti Festival Tari Tenun dan Songket 2023. Foto: dok. Kadiifa

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 155 peserta dari 21 sanggar di 38 provinsi mengikuti Festival Tari Tenun dan Songket 2023 di Anjungan Riau, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Festival yang diselenggarakan Komunitas Indonesia Internasional Fashion Art & UKM (KADIIFA) ini mengangkat tema Meningkatkan Kepedulian Masyarakat Terhadap Para Pengrajin Tenun dan songket Tradisional.

Kegiatan ini merupakan rangkaian Festival Tenun dan Songket se-Nusantara, Deklarasi Hari Tenun Nasional 7 September, Expo Umkm, Asean bisnis Forum, Bisnis Metching, Pemilihan Putra Putri Tenun, Songket Indonesia 2023, Pameran Tenun dan songket Pusaka Keraton Nusantara, yang akan dilaksanakan pada 25-29 November di GBK Senayan Jakarta.

Kegiatan akan berlanjut pada rangkaian kegiatan sebagai penutupan berlanjut Expo Umkm dan Produk Rempah, Bisnis Forum, Pemilihan Putra Putri Rempah Indonesia 2023, Pameran produk Rempah Keraton Se-Nusantara yang akan diselenggarakan pada 7 - 11 Desember di Gedung sate dan Gedung Merdeka Asia Afrika, Pulman Hotel Bandung.

Ketua Umum KADIIFA Anna Mariana mengatakan kegiatan ini sebagai upaya pelestarian budaya, mengangkat serta mendorong kemajuan UMKM, pengrajin tenun dan songket.

Selain itu, mengembalikan kejayaan rempah indonesia, menuju Indonesia Emas 2045, menyukseskan sejarah jalur rempah menuju UNESCO, mendukung kemajuan pelaku UMKM, meningkatkan ketahanan sandang tradisional, ketahanan pangan, ketahanan tanaman rempah, mendukung kemajuan petani.

Menurut Anna, adanya Hari Batik Nasional pada 2 Oktober dan Hari Tenun Nasional pada 7 September merupakan harapan bagi pengrajin di seluruh Indonesia.

"Ini merupakan apresiasi kepada para pengrajin sebagai pejuang budaya yang secara turun temurun masih konsisten mengembangkan serta melestraikannya," ujar Anna, dalam keterangannya, Selasa (10/10).

Sebanyak 155 peserta dari 21 sanggar di 38 provinsi mengikuti Festival Tari Tenun dan Songket 2023 di TMII, Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News