17 Kepala Satuan Kerja Markas Detasemen Mabesal Teken Pakta Integritas

17 Kepala Satuan Kerja Markas Detasemen Mabesal Teken Pakta Integritas
Komandan Denma Mabesal Kolonel Marinir Umar Farouq menyaksikan penandatanganan Pakta Integritas 17 Kasatlak jajaran Denma Mabesal di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (21/2). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) Kolonel Marinir Umar Farouq melaksanakan penandatanganan Pakta Integritas dengan 17 Kepala Satuan Pelaksana (Kasatlak) jajaran Denma Mabesal di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur, Jumat (21/2).

Dandenma Mabesal Kolonel Marinir Umar Farouq mengatakan tujuan Penandatanganan Pakta Integritas ini adalah untuk memperkuat komitmen bersama dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, menumbuhkan keterbukaan dan kejujuran serta memperlancar tugas yang berkualitas, efektif dan akuntabel termasuk untuk mewujudkan pribadi yang bertanggungjawab dan bermartabat.

Menurutnya, integritas merupakan mutu, sifat atau keadaan yang menunjukkan kesetiaan yang utuh, sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang melancarkan kewibawaan dan kejujuran. Sedangkan Pakta merupakan bentuk perjanjian sehingga dapat disebutkan bahwa Pakta Integritas merupakan pernyataan janji bersama atau komitmen sebagai bentuk kesanggupan untuk patuh terhadap ketentuan berlaku.

“Untuk penerapan penandatanganan perjanjian ini dalam penyelenggaraan pemerintah merupakan langkah untuk memastikan bahwa aparatur sanggup untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya serta peran dan wewenangnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” katanya.

Selain itu, dokumen tersebut merupakan wujud penyelenggaraan pemerintah yang akuntabel, transparan dan bertanggungjawab dalam rangka menciptakan pemerintahan yang baik, pemberantasan korupsi dengan melakukan pembangunan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Untuk diketahui, 17 Kasatlak yang menandatangi Pakta Integritas adalah Perwira Pelaksana (Palaksa), Perwira Staf Operasi (Pasops), Perwira Staf Administrasi (Pasmin), Perwira Staf Program dan Anggaran (Pasprogra), Kepala Akuntansi (Ka Akun), Kepala Satuan Administrasi dan Personel (Kasatminpers), Kepala Satuan Pengamanan (Kasatpam), Kepala Satuan Perlengkapan Umum (Kasatpum), Kepala Satuan Kesehatan (Kasatkes), Komandan Satuan Provost (Dansatprov), Kepala Satuan Angkutan (Kasatang), Komandan Satuan Protokol (Dansatkol), Komandan Satuan Markas (Dansatma), Komandan Satuan Musik (Dansatsik), Kepala Satuan Perbekalan (Kasatbek), Kepala Sekretariat (Kaset), Komandan Satuan Pengawalan (Dansatwal) dan Komandan Ksatrian (Dantrian) Cut Nyak Dien.(fri/jpnn)

Dandenma Mabesal Kolonel Marinir Umar Farouq mengatakan tujuan Penandatanganan Pakta Integritas ini antara lain untuk memperkuat komitmen bersama dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News