17 Kloter Tinggalkan Makkah, Besok Terbang ke Tanah Air

17 Kloter Tinggalkan Makkah, Besok Terbang ke Tanah Air
17 Kloter Tinggalkan Makkah, Besok Terbang ke Tanah Air
MAKKAH - Jamaah haji Indonesia secara bertahap mulai dipulangkan ke Tanah Air kemarin. Kementerian Agama mencatat sebanyak 161 jamaah haji Indonesia telah meninggal dunia di Tanah Suci. Jumlah itu sedikit lebih kecil dibanding jamaah haji yang meninggal tahun lalu.

"Kalau dibandingkan tahun lalu di waktu yang sama, ada penurunan 10 orang jamaah," ujar Amirul Haj yang juga Menteri Agama, Suryadharma Ali kemarin. Dari jumlah tersebut, terhitung ada 88 jamaah pria dan 73 jamaah wanita dengan penyebab tertinggi dikarenakan diabetes, darah tinggi, paru-paru kronis, dan jantung.

Meski banyak jemaah haji yang sakit, namun Suryadharma menegaskan tidak ada jamaah haji yang tidak melakukan wukuf di Arafah. Pemerintah memutuskan untuk men-safari wukuf-kan jamaah haji yang sakit, yaitu dengan cara berbaring 50 orang dan duduk 52 orang. "Jumlah jamaah yang dirawat di rumah sakit Arab Saudi ada 56 orang," tuturnya.

Sedangkan jamaah yang dirawat di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) berjumlah 208 orang. Untuk jamaah haji yang meninggal, Suryadharma menerangkan, mereka telah dibadalkan antara lain 114 jamaah wafat, 30 jamaah sakit dan satu jamaah melahirkan. "Dengan begitu total yang dibadalkan 145 orang," ungkapnya.

MAKKAH - Jamaah haji Indonesia secara bertahap mulai dipulangkan ke Tanah Air kemarin. Kementerian Agama mencatat sebanyak 161 jamaah haji Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News