18 Ribu Bibit Mangrove Ditanam di Pandeglang, Ini Visi Misi KEHATI dan ASC

18 Ribu Bibit Mangrove Ditanam di Pandeglang, Ini Visi Misi KEHATI dan ASC
Yayasan KEHATI dan PT Asahimas Chemical kembali menanam mangrove pada dua desa di Kabupaten Pandeglang. Foto Yayasan KEHATI

jpnn.com, PANDEGLANG - Yayasan KEHATI dan PT Asahimas Chemical (ASC) melakukan penanaman 18 ribu bibit mangrove pada dua desa di Kabupaten Pandeglang. Kegiatan di Desa Panimbang jaya Kecamatan Panimbang dan Desa Cigorondong, Kecamatan Sumur tersebut merupakan bagian dari target penanaman 50 ribu bibit mangrove di tahun 2022. 

Turut terlibat dalam kegiatan penanaman, yaitu perwakilan ASC, Universitas Tirtayasa, DKP Banten, LSM lingkungan lokal. Juga kelompok masyarakat dan pemerhati lingkungan lainnya di Kabupaten Pandeglang 

Berdasarkan hasil survei Yayasan KEHATI bersama Universitas Tirtayasa, Desa Panimbang jaya dan Desa Cigorondong memiliki lahan seluas 2 hektare untuk ditanami mangrove. Mangrove yang tumbuh diharapkan menjadi bentang alam terhadap bencana dan memitigasi dampak perubahan iklim. 

Studi DLHK Provinsi Banten pada 2019 menyatakan luasan ekosistem mangrove di Banten terus mengalami laju degradasi yang disebabkan beberapa faktor, seperti abrasi, dan bencana alam. 

“Program ‘Mangrove Blue Carbon di Provinsi Banten telah berjalan dengan tujuan merehabilitasi kawasan pesisir Selat Sunda yang terdegradasi," kata Manajer Program Ekosistem Kelautan Toufik Alansar dalam keterangannya, Kamis (29/9).

Untuk memastikan kegiatan tersebut tercapai, lanjutnya, maka aksi penanaman dan perawatan mangrove memerlukan kolaborasi dan dukungan semua pihak, terutama masyarakat setempat. 

Selain manfaat ekologis, ekosistem mangrove yang tumbuh lestari diharapkan menjadi pendongkrak ekonomi masyarakat sekitar. 

Toufik menyebutkan beberapa kegiatan pemberdayaan masyarakat rencananya akan dilakukan, seperti penguatan melalui pelatihan pengolahan hasil mangrove di tahun 2023.

Yayasan KEHATI dan ASC kembali menanam 18 ribu bibit mangrove pada dua desa di Kabupaten Pandeglang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News