186 Ribu Ton Beras Siap Dipasok ke Daerah

186 Ribu Ton Beras Siap Dipasok ke Daerah
186 Ribu Ton Beras Siap Dipasok ke Daerah
JAKARTA—Dirut Perum Bulog Soetarto Alimuso menerangkan, pihaknya siap untuk menyalurkan sekitar 186 ribu ton beras nasional atau cadangan beras pemerintah (CBP)  pada bulan Januari 2010 ini guna menyikapi atau menekan adanya kenaikan harga beras di pasaran.

Disebutkan, pihak Bulog saat ini memang memiliki stok beras untuk operasi pasar (OP) sebanyak 300 ribu ton. Namun dalam penyalurannya akan dilakukan secara bertahap. “Untuk tahap awal, kita menyalurkan sebanyak 186 ribu ton,” ungkap Soetarto di sela kegiatan operasi pasar di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta, Kamis (21/1).

Dalam melepaskan stok beras OP tersebut, terang Soetarto, pihaknya harus meminta persetujuan dahulu dari Menteri Perdagangan (Mendag) Mari Elka Pangestu. Setelah itu, mekanisme selanjutnya yakni  para pemerintah daerah (Pemda) harus memberikan surat pengajuan kepada Mendag agar Bulog dapat melaksanakan OP dan menggelontorkan beras tersebut di daerah yang mengajukan.

“OP yang kita lakukan ini tentunya juga bertujuan untuk menekan harga beras yang melonjak di pasaran khususnya di bebeberapa daerah. Maka dari itu, untuk sementara ini, kita masih menunggu permintaan-permintaan dari daerah,” terangnya. Dikatakan, sisa dari beras OP tersebut yang berjumlah sekitar 200 ribu ton, akan digunakan untuk antisipasi bencana.

JAKARTA—Dirut Perum Bulog Soetarto Alimuso menerangkan, pihaknya siap untuk menyalurkan sekitar 186 ribu ton beras nasional atau cadangan beras

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News