187 Juta Warga Terdampak Polar Vortex

Beruang Kutub pun Merasa Kedinginan

187 Juta Warga Terdampak Polar Vortex
187 Juta Warga Terdampak Polar Vortex

jpnn.com - NEW YORK - Cuaca ekstrem superdingin yang melanda sejumlah wilayah Amerika Serikat (AS) mulai bergerak ke Pesisir Timur dan Selatan Bawah, yakni Texas Timur, Florida Utara, Florida Panhandle, dan sebagian besar Florida Tengah. Sebelumnya, suhu membeku di wilayah Midwest.

Bahkan, suhu dirasakan terlalu dingin oleh beruang-beruang kutub di sejumlah kebun binatang.
   
Di wilayah Selatan Bawah (Deep South), peringatan bahaya suhu dingin dikeluarkan pemerintah lokal. Mulai Texas Timur sampai ke Florida Panhandle. Suhu terdingin diperkirakan mencapai 20 derajat di bawah nol Celsius. Karena itu, sekolah dan perkantoran masih ditutup untuk menghindari jatuhnya korban.
   
Temperatur udara anjlok sampai 8 derajat Celsius di Atlanta dan minus 6 derajat Celsius di wilayah pedalaman utara pegunungan Georgia. Suhu tersebut merupakan yang terdingin di Negara Bagian Georgia selama beberapa tahun terakhir.
   
Suhu beku di sebagian wilayah West Virginia juga dilaporkan sebagai yang terdingin sepanjang 25 tahun terakhir. Bahkan, di Virginia, rekor suhu terdingin yang pernah tercatat pada 1950-an terpecahkan kemarin.
   
Badan Meteorologi setempat melaporkan, termometer menunjukkan angka 3 derajat Celsius menjelang fajar di Bandara Udara Internasional Baltimore-Washington Thurgood Marshal dengan embusan angin dingin mencapai minus 16 derajat Celsius.
   
Di pinggiran Louisville, Kentucky, suhu udara anjlok sampai minus 22 derajat Celsius. John Tyler, seorang tuna wisma, terlihat sedang berkumpul bersama sejumlah rekan di sebuah restoran cepat saji. Mereka menginap di emperan restoran sejak Minggu malam.
   
Dengan mengenakan baju tebal, dua lapis jas, dan topi wol, Tyler menyatakan tidak pernah menyangka suhu dingin awal tahun ini begitu mengkhawatirkan. "Bagaimana kita bisa mengatasinya" Apakah Anda bisa" Tidak ada cara untuk siap menghadapinya," ujar Tyler.
   
Peramal cuaca mengungkapkan, sedikitnya 187 juta orang merasakan dampak dari polar vortex saat ini. Polar vortex adalah istilah untuk embusan suhu ekstrem dari siklon Arktik.
   
Perusahaan listrik di Tennessee mencatat rekor permintaan pasokan listrik untuk menghidupkan mesin pemanas ruangan. Sementara itu, Ohio bersiap menghadapi suhu terdingin dalam beberapa dekade terakhir.
   
PJM Interconnection, perusahaan operator listrik kepada 61 juta pelanggan di Mid-Atlantic, Midwest, dan wilayah Selatan, meminta pengguna menghemat listrik. Sebab, suhu dingin baru akan menyengat saat pagi dan sore.
   
Masa pemulihan masih dilakukan di sejumlah negara bagian di wilayah Midwest. Suhu di bawah nol derajat Celsius yang diikuti hujan salju melumpuhkan aktivitas warga dan mengakibatkan sejumlah kasus kecelakaan di Michigan, Illinois, Indiana, serta Ohio.
   
Gubernur Illinois Pat Quinn dan Gubernur Indiana Mike Pence menetapkan status bencana di wilayahnya. Deklarasi tersebut akan dijadikan sebagai dasar hukum untuk mengajukan bantuan dari pemerintah pusat.
   
Sedikitnya 15 ribu pelanggan di Indiana bertahan hidup tanpa listrik kemarin pagi. Para pekerja masih berupaya memperbaiki jaringan yang rusak di tengah suhu minus.

"Saya dan anak-anak sudah bersiap pulang," ujar Timolyn Johnson dari Indianapolis yang sudah dua malam tinggal di penampungan palang merah setempat untuk menghindari dingin karena listrik di wilayahnya padam. (CNN/AP/cak/c14/tia)


NEW YORK - Cuaca ekstrem superdingin yang melanda sejumlah wilayah Amerika Serikat (AS) mulai bergerak ke Pesisir Timur dan Selatan Bawah, yakni


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News