188.996 Balita di Kabupaten Bogor Mengalami Stunting

188.996 Balita di Kabupaten Bogor Mengalami Stunting
Bupati Bogor Ade Yasin. Foto: M Fikri Setiawan/Antara.

jpnn.com, BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, mendata ada sekitar 188.996 balita di Kabupaten Bogor yang tumbuh dengan gizi buruk atau stunting hingga akhir 2018 lalu.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, hal itu disebabkan adanya kesalahan pola asuh pola makan dan sanitasi di tengah masyarakat, sehingga diperlukan edukasi menyeluruh kepada seluruh masyarakat.

Menurut Ade, stunting merupakan suatu kondisi yang ditandai ketika panjang atau tinggi badan anak, kurang jika dibandingan dengan usianya.

Dengan kata lain, stunting adalah kondisi di mana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan tubuhnya lebih pendek dibanding teman seusianya.

“Saya juga kadang masih bingung. Stunting apa bedanya dengan pendek. Kalau pendek kan belum tentu stunting. Tapi kalau stunting sudah pasti pendek,” kata Ade, Kamis (12/9).

Meski angka 188.996 balita stunting sangat minim dibanding 5,8 juta penduduk Bumi Tegar Beriman, Ade menilai angka itu cukup besar.

“Kami ada pelatihan pola hidup bersih dan sehat. Nah tapi ini jangan jadi seremonial saja. Harus diimplementasikan di tengah masyarakat. Ditularkan pengetahuannya. Karena angka stunting itu terlalu besar buat saya,” tegasnya. (dka/b)

Stunting disebabkan adanya kesalahan pola asuh pola makan dan sanitasi di tengah masyarakat, sehingga diperlukan edukasi menyeluruh kepada masyarakat.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News