1.900 Bayi Lahir Setiap Hari

1.900 Bayi Lahir Setiap Hari
1.900 Bayi Lahir Setiap Hari
BANDUNG - Setiap harinya, sebanyak 1.900 bayi lahir di 26 Kota/Kabupaten se-Jawa Barat. Hal tersebut berdasarkan hasil survei Survei Demografis Kesehatan Indonesia (SDKI). Melihat banyaknya angka kelaihiran, maka Jabar merupakan provinsi dengan angka pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi.

Asisten Daerah Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi Jabar, Aip Rivai, laju pertambahan penduduk yang mencapai 1,89 persen per tahun sangat berpengaruh terhadap jumlah penduduk di Jabar. Terlebih, Jabar pun memiliki daya tarik bagi para pendatang untuk meraih peruntungan dalam bidang ekonomi.

"Arus urbanisasi menjadi konsekuensi logis yang dimiliki Jabar sehingga angkanya pun cukup tinggi, terutama di daerah-daerah penyangga ibu kota seperti bekasi dan depok. Diperlukan sense of crisis dan sense of urgency dari semua pihak untuk mengatasi persoalan ini," ungkapnya beberapa waktu lalu.

Disisi lain, dengan jumlah penduduk sebanyak 44.856 juta jiwa dan angka pemerataan penduduk per kilo meternya mencapai 1100 jiwa, terpaut jauh dengan angka pemerataan di pulau Kalimantan yang hanya 30 jiwa per kilometer persegi. Maka kepadatan penduduk Jawa Barat sangat tinffi. Kondisi tersebut, bisa menimbulkan dampak sosial ekonomi.

BANDUNG - Setiap harinya, sebanyak 1.900 bayi lahir di 26 Kota/Kabupaten se-Jawa Barat. Hal tersebut berdasarkan hasil survei Survei Demografis Kesehatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News