1.920 Rumah Tangga di Papua Dapat Bantuan Penerangan Gratis dari PLN

1.920 Rumah Tangga di Papua Dapat Bantuan Penerangan Gratis dari PLN
PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan bantuan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu. Ilustrasi: dok PLN

jpnn.com, PAPUA - PT PLN (Persero) bersama Pemerintah dan DPR menuntaskan bantuan penyambungan listrik gratis kepada 1.920 rumah tangga tidak mampu, yang tersebar di Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Barat Daya dan Papua Selatan.

Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) ini diberikan sebagai komitmen negara memberikan akses listrik kepada seluruh masyarakat, tanpa terkecuali.

Bantuan meliputi pemasangan instalasi kelistrikan, tiga buah lampu, satu buah stopkontak dan voucer token listrik senilai Rp 50.000.

"Setiap tiga hari kita patungan membayar Rp 20.000, atau bisa sampe Rp 50.000, saya harap dengan bantuan ini biaya listrik yang kami bayar bisa lebih murah. Terima kasih pemerintah dan PLN," ujar Ferosina Sikan, salah satu penerima manfaat.

Bupati Nabire Mesak Magai juga berterima kasih kepada Kementerian dan PLN atas program bantuan pemasangan listrik baru tersebut. Kehadiran listrik ini sangat diperlukan masyarakat. 

"Hari ini saya memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada PLN dan juga kementerian atas kondisi saat ini. Dulu di Kabupaten Nabire penerangan ini seperti lampu disko karena hanya nyala dua belas jam atau bahkan tidak menyala. Warga Nabire merasakan pelayanan dari pemerintah pusat melalui PLN sangat luar biasa," kata Mesak.

Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Wanhar menjelaskan, pemerintah berkomitmen untuk terus meningkatkan rasio elektrifikasi. Salah satu dengan membantu masyarakat memperoleh akses listrik melalui BPBL.

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PT PLN bersama PLN ICON Plus yang telah menyukseskan program BPBL dengan menyiapkan sistem informasi untuk menunjang pelaksanaan, pembayaran dan pengawasan kegiatan BPBL Tahun 2022 ini," ujarnya.

Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) ini diberikan sebagai komitmen negara memberikan akses listrik kepada seluruh masyarakat, tanpa terkecuali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News