2 Alasan Pimpinan KPK Tolak Pengunduran Diri BW

2 Alasan Pimpinan KPK Tolak Pengunduran Diri BW
2 Alasan Pimpinan KPK Tolak Pengunduran Diri Bambang Widjojanto. Foto JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sepakat menolak surat permohonan pemberhentian sementara yang diajukan Bambang Widjojanto. Pria yang karib disapa BW itu mengajukan pemberhentian sementara karena menjadi tersangka dalam perkara di Mabes Polri. [Lihat: Inilah Peran Bambang Widjojanto di Sidang Sengketa Pilkada Kobar]

Deputi Pencegahan KPK, Johan Budi SP mengatakan ada dua alasan penolakan pengajuan pemberhentian sementara BW. Pertama, pimpinan KPK mengaku kasus yang menimpa BW adalah rekayasa dan bentuk pelemahan KPK secara institusi.

Alasan kedua adalah BW masih dibutuhkan tenaganya sebagai Wakil Ketua. Sebab, pimpinan KPK akan menjadi pincang karena Busyro Muqoddas masa jabatannya telah habis alias pensiun.

"Pimpinan KPK tinggal 4, jika Pak BW nonaktif tinggal 3. Jadi karena itu pimpinan tadi memutuskan untuk menolak permintaan pengunduran diri pak BW," kata Johan di Kantor KPK, Jakarta, Senin (26/1).

Setelah ditolaknya pemberhentian sementara tersebut, maka kini nasib Bambang berada di tangan Presiden Joko Widodo. KPK menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi.

"Tinggal sekarang ada di tangan presiden Jokowi apakah akan megeluarkan Keppres pemberhentian sementara atau tidak," tandas Johan. (ysa/awa/jpnn)


JAKARTA - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sepakat menolak surat permohonan pemberhentian sementara yang diajukan Bambang Widjojanto.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News