Sabtu, 15 Desember 2018 – 18:11 WIB

2 Bulan Jelang Ramadan, Harga 4 Komoditas Pangan Naik

Rabu, 14 Maret 2018 – 15:34 WIB
2 Bulan Jelang Ramadan, Harga 4 Komoditas Pangan Naik - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Setidaknya ada empat komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga, pada dua bulan jelang Ramadan ini.

Merujuk data infopangan.jakarta.go.id di Pasar Induk Kramat Jati, kenaikan harga tertinggi terjadi pada cabai merah besar yang awalnya Rp 39 ribu menjadi Rp 42 ribu atau naik Rp 3 ribu per kilogram (kg).

Lalu bawang putih juga naik harga cukup signifikan. Dari Rp 20 ribu per kg naik Rp 3 ribu menjadi Rp 23 ribu per kg.

Kenaikan harga juga terjadi pada cabai merah keriting yang awalnya Rp 39 ribu menjadi Rp 40 ribu per kg. Harga cabai rawit hijau juga naik Rp 1.000 dari Rp 15 ribu menjadi Rp 16 ribu per kg.

Kepala Satgas Pangan Polri Irjen Setyo Wasisto menjelaskan, saat ini sedang dicari penyebab kenaikan harga sejumlah bahan pokok tersebut.

Akan diteliti kembali bagaimana rantai distribusi dari setiap bahan pangan yang mengalami kenaikan harga.

Namun, untuk kenaikan harga cabai kemungkinan terjadi karena faktor cuaca. ”Satgas sudah cek ke sejumlah daerah pemasok cabai,” paparnya ditemui di kantor Divhumas, Selasa (13/3).

Dari sejumlah daerah seperti Magelang, Wonosobo, Temanggung, dan Blitar diketahui bahwa panen terganggu akibat cuaca buruk. Kondisi itu cukup sulit dihindari karena cabai setelah dipanen hanya bertahan tiga hari.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar