2 Calon Haji asal Jatim Meninggal Dunia di Makkah Akibat Penyakit Jantung

2 Calon Haji asal Jatim Meninggal Dunia di Makkah Akibat Penyakit Jantung
Ilustrasi - Armada bus siaga untuk mengantar keberangkatan jamaah calon haji di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Sabtu (10/6/2023). ANTARA/Hanif Nashrullah

jpnn.com - SURABAYA - Sebanyak dua calon haji asal Jawa Timur meninggal dunia di Makkah, Arab Saudi. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jatim Husnul Maram mengatakan kedua calon haji itu meninggal dunia pada 9 Juni 2023 akibat penyakit jantung. Keduanya dimakamkan di Sharae, Makkah, Arab Saudi.

"Masing-masing atas nama Sarbini Sastro Tardji, usia 67 tahun, asal Magetan, yang tergabung dalam kelompok terbang atau kloter 14. Satu lagi atas nama Tri Rahayu, usia 65 tahun, asal Tulungagung, dari kloter 37 Embarkasi Surabaya," kata Husnul dalam keterangannya di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (11/6).

Husnul mencatat total jemaah calon haji asal Jatim yang meninggal dunia di Tanah Suci sejak keberangkatan pertama melalui Asrama Haji Embarkasi Surabaya pada 24 Mei 2023 sampai hari ini berjumlah 10 orang.

Delapan calon haji di antaranya meninggal dunia di Madinah dan telah dimakamkan di kompleks pemakaman Baqi, wilayah kota setempat.

Terdata sampai hari ini, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya telah memberangkatkan sebanyak 46 kloter atau 19.908 jemaah dan 230 petugas haji asal Provinsi Jatim dan Bali ke Tanah Suci.

Sementara sebanyak 14 calon haji yang tergabung dalam 48 kloter tersebut tertunda keberangkatannya.

Lima calon haji di antaranya sakit di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, dan seorang pendampingnya ikut menunda keberangkatan.

Selain itu, enam calon haji yang sakit di Asrama Haji Embarkasi Surabaya telah dipulangkan ke daerah asal masing-masing, serta dua orang gagal berangkat karena diketahui hamil saat pemeriksaan kesehatan.

2 calon haji asal Jatim meninggal dunia di Makkah, Arab Saudi, akibat penyakit jantung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News