2 Jenis Derita P1 saat Menunggu Pengumuman PPPK Guru 2022, Luka Begitu Dalam

2 Jenis Derita P1 saat Menunggu Pengumuman PPPK Guru 2022, Luka Begitu Dalam
Ketum FGHNLPSI Heti Kustrianingsih bersama murid-muridnya. Kapan pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2022?. Foto: dokumentasi pribadi for JPNN.com

jpnn.com - SERANG – Jadwal pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2022 yang molor begitu panjang berdampak signifikan terhadap para pelamar kategori Prioritas Satu atau P1.

P1 merupakan peserta seleksi PPPK guru pada 2021 dan telah memenuhi passing grade (PG), yang jumlahnya mencapai 193.954.

Pada seleksi 2021, mereka tidak mendapatkan formasi sehingga mendapat prioritas pertama pada seleksi 2022 tanpa harus ikut tes lagi.

Namun, berstatus P1 pada seleksi PPPK Guru 2022 tidak lantas membuat mereka bergembira ria dan potong kambing sebagai wujud syukur.

Setidaknya ada dua jenis penderitaan yang sudah dialami sebagian P1, sebagaimana diungkapkan Ketum Forum Guru Honorer Negeri Lulus Passing Grade Seluruh Indonesia (FGHNLPSI) Heti Kustrianingsih.

1. P1 Terkena PHK sebelum Resmi jadi PPPK Guru

Begitu dinyatakan lulus PG seleksi PPPK Guru 2021, tidak sedikit dari mereka yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK.

"Jadi, banyak guru lulus passing grade sudah kehilangan jam mengajar serta di-PHK. Intinya, kami lebih dahulu sebelum kalangan honorer lain merasakan," tutur Heti kepada JPNN Banten, Selasa (28/2).

Dikatakan, pihak yayasan (sekolah swasta) tidak mau tiba-tiba mengalami kekurangan pengajar tatkala para guru lulus PG itu sewaktu-waktu diangkat menjadi ASN PPPK.

Pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2022 yang molor panjang berdampak luar biasa terhadap nasib P1. Sungguh perih dan pilu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News