2 Kondisi Ini Harus Diwaspadai saat Mudik pakai Pesawat Bawa Anak, Jangan Disepelekan

2 Kondisi Ini Harus Diwaspadai saat Mudik pakai Pesawat Bawa Anak, Jangan Disepelekan
Mudik Lebaran 2023 naik pesawat mengajak anak, orang tua harus waspada. Ilustrasi Foto: Sam/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Emergensi dan Rawat Intensif Anak (ERIA) Dr. dr. Ririe Fachrina Malisie, Sp.A(K) mengingatkan para orang tua yang mengajak bayi atau anak mudik ke kampung halaman menggunakan pesawat terbang.

Dokter Rire meminta para orang tua agar lebih menyadari beberapa kondisi darurat (emergency) yang mungkin dapat terjadi pada anak saat mudik menggunakan pesawat terbang.

"Jangan menyangka, 'oh, kalau naik pesawat aman, deh'. Belum tentu. Jadi modalitas mudik ini yang mungkin banyak akan dipakai oleh masyarakat awam juga bisa menyebabkan hal emergensi," kata Ririe dalam diskusi media secara daring, Selasa (4/4).

Setidaknya ada 2 hal yang harus diperhatikan, yakni:

1. Waspada jika Anak Batuk Pilek 

Dokter Ririe Fachrina mengingatkan agar orang tua waspada apabila bayi dan anak dalam kondisi tidak prima, termasuk mengalami batuk dan pilek yang agak berat hingga kesulitan bernapas.

Pengaruh ketinggian terhadap kondisi oksigen dalam tubuh, jelasnya, akan menimbulkan atau berdampak emergensi salah satunya yaitu hipoksia atau kekurangan oksigen.

"Apabila anaknya sejatinya sudah mulai kurang sehat, batuk pileknya sudah rada-rada berat, hidung mampet, sementara dia sudah kesulitan untuk menghirup oksigen, misalnya, kemudian dibawa dengan perjalanan jauh mungkin 4 sampai 6 jam apalagi berbelas jam, itu kita harus waspada terhadap terjadinya hipoksia," pesan Dokter Ririe.

Ririe menjelaskan kekurangan oksigen dapat menyebabkan napas menjadi berkurang atau bahkan meningkat.

Dokter Ririe Fachrina Malisie menyebut 2 kondisi yang harus diwaspadai orang tua saat mudik pakai pesawat terbang membawa bayi atau anak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News