2 Napi yang Kabur dari Lapas Abepura Ditangkap, 1 Terpaksa Ditembak

2 Napi yang Kabur dari Lapas Abepura Ditangkap, 1 Terpaksa Ditembak
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw. Foto: Cenderawasih Pos

jpnn.com - JAYAPURA - Dua narapidana yang kabur dari Lapas Abepura pada Januari 2016 lalu, yakni John Uwaga dan Ambius Karoba ditangkap Tim Khusus Polres Jayapura Kota, Minggu (21/8).

Keduanya ditangkap sekitar pukul 21.30 WIT di salah satu indekos di daerah Perumnas III, Waena. Salah satu napi, yakni John Uwaga terpaksa ditembak karena melakukan perlawanan.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, John dan Ambius berhasil ditangkap berdasarkan laporan masyarakat yang mengetahui adanya pesta miras melibatkan kedua napi ini.

"Kedua pelaku termasuk 13 narapidana yang melarikan diri dari Lapas Abepura pada 8 Januari 2016 lalu. Salah satu narapidana yakni John memberikan perlawanan ketika diamankan petugas. Anggota kami terpaksa harus melumpuhkan dia dengan timah panas di bagian betis kiri,” ungkapnya Paulus seperti dikutip dari Cenderawasih Pos, Selasa (23/8).

Kapolda mengatakan, John dan Ambius adalah napi kasus pencurian disertai penganiayaan terhadap Kepala Bank BRI Cabang Kota Jayapura Adi S Tono pada 26 Mei 2015 lalu. Mereka telah mendapatkan vonis pidana delapan tahun penjara. Selama buron, kedua narapidana ini juga terlibat tiga kasus kriminal. Salah satunya adalah kasus perampokan tiga warga negara China di Pantai Pasir Dua, Distrik Jayapura Utara pada 15 Mei 2016.

Kini, total sebanyak lima narapidana yang kabur dari Lapas Abepura telah ditangkap aparat kepolisian. Sedangkan delapan narapidana lainnya masih buron. Salah satu narapidana yang masih buron adalah Yogor Telenggen alias Kartu Kuning Telenggen yang terlibat sejumlah kasus separatis.

“Kami telah menyebarkan foto delapan narapidana itu ke seluruh wilayah di Kota Jayapura. Kami berharap warga yang melihat mereka segera melapor ke kantor kepolisian terdekat. Kemungkinan besar mereka masih berada di Jayapura, Keerom dan Sentani,” pungkas Paulus. (jo/tri)


JAYAPURA - Dua narapidana yang kabur dari Lapas Abepura pada Januari 2016 lalu, yakni John Uwaga dan Ambius Karoba ditangkap Tim Khusus Polres Jayapura


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News