2 Pesan Penting Jokowi untuk Diaspora Indonesia

2 Pesan Penting Jokowi untuk Diaspora Indonesia
Presiden Jokowi. Foto: Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo melakukan audiensi dengan delegasi diaspora Indonesia dari berbagai negara yang sedang berada di Jakarta, Senin (3/7).

Presiden yang karib disapa Jokowi itu didampingi Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi.

Retno mengatakan, Jokowi meminta diaspora menguatkan peran untuk membantu pemerintah di luar negeri.

"Presiden berharap para diaspora Indonesia dapat bekerja sama dengan pemerintah dalam rangka meningkatkan ekspor (ke negara lain) dan menarik investasi asing ke Indonesia," ujar Retno di Kompleks Istana Negara.

Dia mencontohkan diaspora asal Meksiko. Dengan melibatkan KBRI di sana, diaspora diharapkan bisa membuka pasar ekspor batu bara yang selama ini dilakukan oleh Australia-Meksiko.

"Kalau selama ini ekspor itu dilakukan Australia dan Meksiko, kita juga mencoba menjajaki peluang agar ekspor batu bara kita. Kita bisa kirim ke Meksiko," jelas dia.

Karena itu, sambung Retno, Jokowi menilai diaspora Indonesia di negara lain merupakan aset yang bisa membantu pemerintah.

Selain itu, pemerintah menginginkan penguatan jaringan antara diaspora dengan pemerintah maupun sesama diaspora satu negara dengan negara lainnya.

Presiden Joko Widodo melakukan audiensi dengan delegasi diaspora Indonesia dari berbagai negara yang sedang berada di Jakarta, Senin (3/7).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News