2 Provokator Aksi Demo Tolak PPKM Ditangkap, Ada Bukti Rapat Persiapan

2 Provokator Aksi Demo Tolak PPKM Ditangkap, Ada Bukti Rapat Persiapan
Petugas gabungan dari TNI dan Polri di pos penyekatan PPKM Darurat di Jalan Daan Mogot, Kalideres, Jakarta Barat, Senin (5/7). Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Polisi bergerak cepat menyikapi munculnya seruan aksi demo tolak PPKM yang akan digelar hari ini, 24 Juli 2021, di sejumlah wilayah di Jawa Tengah.

Jajaran kepolisian Polda Jateng telah menangkap dua orang terduga provokator rencana aksi unjuk rasa, di Semarang, pada Jumat (23/7).

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi melalui Kabid Humas Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menyebut dua orang yang diamankan masing-masing berinisial N dan B.

Pelaku N bertugas sebagai inisiator dan host zoom meeting untuk rapat persiapan aksi demo 24 Juli.

Sementara B berperan sebagai penyebar ajakan aksi di sejumlah media sosial dan grup WhatsApp.

"Benar, ada dua orang yang kita (Polda Jateng) amankan. Kita juga mengamankan sejumlah barang bukti, handphone, dan screenshot pesan ajakan demo di grup WhatsApp, hingga rekaman zoom meeting," kata Iqbal.

Iqbal memaparkan, agar tidak terdeteksi petugas, pelaku sengaja membuat grup WhatsApp dengan menggunakan nama 'Group Klub Tenis'.

Dari pembicaraan di grup tersebut, lanjut dia, diketahui adanya ajakan rencana aksi di beberapa wilayah di Jawa Tengah seperti Semarang, Solo, Sukoharjo, Brebes, dan Kudus.

Polisi menangkap 2 orang yang diduga sebagai provokator aksi demo tolak PPKM atau aski 24 Juli 2021.