2 Sayap Burung jadi Sinyal Kuat Mbak Puan Berani Maju di Pilpres 2024

2 Sayap Burung jadi Sinyal Kuat Mbak Puan Berani Maju di Pilpres 2024
Mbak Puan Maharani bersama Joko Widodo dan Bambang Soesatyo. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani seperti memberi sinyal kuat akan siap maju atau mencalonkan diri pada Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) Khoirul Umam mengatakan Puan sudah menggambarkan dirinya berani bersaing sebagai calon pada Pilpres 2024 dari pidato di Gedung DPR, Selasa (16/8).

"Ada poin dari pidato Puan Maharani yang menganalogikan pria dan wanita sebagai dua sayap burung, memiliki derajat yang sama. Itu mengindikasikan majunya Puan Maharani di Pilpres 2024," tutur Umam.

Dia mengulas isi pidato Mbak Puan yang menegaskan soal derajat, yang bisa dipahami sebagai wujud keterpanggilan tampil di pentas politik.

2 Sayap Burung jadi Sinyal Kuat Mbak Puan Berani Maju di Pilpres 2024
Foto: Ricardo/JPNN

"menyertakan perempuan dalam setiap jabatan bukan sebagai kebijakan afirmatif, akan tetapi merupakan kesadaran atas penghargaan harkat dan martabat manusia".

"Hal itu bisa dipahami sebagai wujud ekspresi keterpanggilan Puan untuk berani tampil di pentas atau gelanggang politik yang didominasi oleh tradisi patriarki," kata Umam.

Menurut Umam peta kekuatan politik khusus perempuan saat ini didominasi Puan Maharani.

PDIP sebaiknya tak usah ragu mengusung Mbak Puan di Pilpres 2024 nanti. Elektabilitas bisa dibentuk dengan mesin politik yang disiplin dan solid.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News