20 Kapal Baru Kemenhub Siap Digunakan untuk Mudik Lebaran

20 Kapal Baru Kemenhub Siap Digunakan untuk Mudik Lebaran
Mudik gratis di Kabupaten Sumenep. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com, PONTIANAK - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat bisa memanfaatkan kapal laut untuk mudik gratis pada Idul Fitri 2018 nanti.

Hal ini disampaikan Budi usai meninjau Galangan Kapal PT Steadfast Marine, di Pontianak, Jumat (23/2) kemarin.

Saat ini Kementerian Perhubungan tengah membangun 70 kapal, yang terdiri dari 50 kapal perintis penumpang dan 20 kapal barang. Sejauh ini progres pembangunannya sudah mencapai 80 persen dan akan selesai pada bulan April 2018.

"Hari ini saya memastikan semua kapal ini akan selesai pada April 2018. Kapal-kapal ini akan kami pergunakan untuk mudik gratis pada lebaran 2018. Oleh karenanya dalam kesempatan ini saya mengimbau masyarakat untuk menggunakan mudik gratis terutama yang Jakarta-Semarang, Jakarta-Surabaya dengan kapal," terang Budi.

Lebih lanjut Budi mengatakan mudik gratis dengan kapal laut tidak hanya untuk mengangkut orang, tapi juga motor.

"Jika kami gunakan 10 kapal dari 50 kapal, sekali angkut 4 ribu orang. Kalau kami bisa 4 kali angkut berarti bisa 16 ribu orang. Motor sekali angkut bisa sebanyak 500, kalau 10 kapal bisa mengangkut 5 ribu motor," jelas Budi.

Untuk itu, mulai minggu depan Kemenhub akan memulai sosialisasikan mudik gratis dengan kapal laut.

"Pemerintah ingin sekali mudik tahun ini bertambah baik. Saya akan tugaskan Dirjen Perhubungan Laut untuk sosialisasikan ini," tandas dia.(chi/jpnn)


Saat ini Kementerian Perhubungan tengah membangun 70 kapal, yang terdiri dari 50 kapal perintis penumpang dan 20 kapal barang.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News