20 Menit Terbang, Wings Air Diduga Mengalami Gangguan Teknis, Pilot Memutuskan RTB

20 Menit Terbang, Wings Air Diduga Mengalami Gangguan Teknis, Pilot Memutuskan RTB
Pesawat Wings Air tipe ATR dengan kode penerbangan IW1878 dan kode registrasi PK WJU sedang terparkir di Bandara Internasional Lombok di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (12/10/2021). (ANTARA/Nur Imansyah/Tangkapan Layar Facebook).

jpnn.com, MATARAM - Pesawat Wings Air nomor penerbangan IW1878 rute Lombok-Bima terpaksa harus kembali ke Bandara Internasional Lombok, setelah terbang selama hampir 20 menit.

Hal itu diakibatkan pesawat mengalami gangguan teknis

Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Lombok, Arif Haryanto membenarkan informasi terkait penerbangan Wings Air IW1878 tujuan Lombok - Bima yang melakukan return to base (RTB) setelah mengalami gangguan teknis.

"RTB adalah kondisi yang mana suatu pesawat diharuskan untuk kembali ke bandar udara pesawat itu berangkat. RTB bisa terjadi karena dua faktor yaitu teknis dan nonteknis," katanya melalui pesawat WhatsApp dari Mataram, Selasa (12/10). 

Dia menjelaskan pesawat tipe ATR dengan kode registrasi PK WJU yang mengangkut 62 orang itu terbang dari Lombok pada pukul 16.06 WITA. Pesawat seharusnya tiba di Bima pada pukul 16.26 WITA. 

Namun, setelah terbang sekitar 20 menit, pilot memutuskan untuk melakukan RTB karena alasan air pressure trouble atau masalah tekanan udara. "Ini laporan dari Unit Operasional Bandara Lombok," ucapnya 

Setelah pesawat mendarat di Bandara Internasional Lombok pada pukul 16.47 WITA, para penumpang diminta turun menuju ke ruang tunggu. 

Pada pukul 18.05 WITA, pihak Wings Air memutuskan menunda penerbangan. 

Pesawat Wings Air nomor penerbangan IW1878 rute Lombok-Bima terpaksa harus kembali ke Bandara Internasional Lombok, setelah terbang selama hampir 20 menit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News