2000 Lebih Pegowes Ambil Bagian di GPN 2017 Kalteng

2000 Lebih Pegowes Ambil Bagian di GPN 2017 Kalteng
Gowes Pesona Nusantara. Foto: istimewa for JPNN

jpnn.com, KALIMANTAN TENGAH - Perhelatan Gowes Pesona Nusantara (GPN) Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Minggu (6/8) membuat bulu kuduk merinding dan membuat terenyuh hati. Pasalnya, pelaksanaannya dipadu dengan acara ikrar Merah Putih.

2000 pegowes tampak ambil bagian, mulai dari pejabat Kemenpora, kota Palangka Raya anak usai sekolah dan komunitas-komunitas sepeeda. Prosesi sakral pengambilan tanah air, memsng tidak untuk diliput karena berasal dari tanah keramat.

Para pegowes mengambil start di Tugu Soekarno, melewati tetenger kota, sebelum akhirnya finis Stadion Sanamen Mantikei yang jarak tempuhnya tak panjang, hanya sekitar 6,4 kilometer.

Asdep Peningkatan Kapasitas Pemuda Kemenpora Alman Hudri. Wali Kota Palangka Raya, Kapolres hingga Dandim yang sebelumnya melepas gelar Merah Putih giliran menjadi peserta kegiatan yang masuk program Ayo Olahraga itu.

"Gowes ini bukan hanya untuk meningkatkan kesehatan, tetapi juga sesuai nawacita kesembilan, bapak menteri juga menghendaki terus terjalinnya Kebhinekaan dan rasa saling memiliki. Gowes ini juga untuk merekatkan bangsa yang terdiri dari berbagai pulau," terang dia.

Selain GPN, juga dilakukan penyerahan tanah dan air dari pemerintah kota Palangkaraya kepada Kemenpora yang diwakili oleh Alman Hudri. Tanah dan Air ini nantinya akan digabung dengan yang diambil dari 90 kabupaten/kota yang ada di Indonesia.

Tanah dan Air ini selanjutnya dikumpulkan di Magelang, Jawa Tengah dan dibangun monumen tepatnya bersamaan dengan pelaksanaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 9 September mendatang.

Sementara itu Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio mewakili Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut. Menurut dia, GPN selain ajang olahraga juga bisa dijadikan sebagai ajang silaturahmi.

Perhelatan Gowes Pesona Nusantara (GPN) Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Minggu (6/8) membuat bulu kuduk merinding dan membuat terenyuh hati. Pasalnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News