2011, Prioritaskan Jamaah Haji Lansia

2011, Prioritaskan Jamaah Haji Lansia
2011, Prioritaskan Jamaah Haji Lansia
JAKARTA - Pemerintah mempersiapkan langkah antisipatif untuk mengurangi tingginya angka kematian jamaah haji ketika menunaikan ibadah di Tanah Suci. Mulai 2011, prioritas keberangkatan akan diberikan kepada jamaah haji lanjut usia terutama yang berusia di atas 60 tahun. Bagi lansia yang sudah mendaftar akan mendapat perlakuan khusus dan tidak lagi dimasukkan dalam daftar tunggu.

"Jadi kita akan mendahulukan mereka yang sudah masuk katagori lansia untuk pergi haji pada musim haji mendatang. Mereka tidak lagi masuk daftar tunggu," kata Menteri Agama Suryadharma Ali usai membuka Semiloka Nasional Intensifikasi dan Diversifikasi Sosialisasi PBM (Peraturan Bersama Menteri) nomor 9 dan 8 tahun 2006, di Jakarta, Kamis (9/12) kemarin.

Suryadharma tidak menampik bahwa antusiasme lansia di Indonesia untuk berangkat haji sangat tinggi. Dan pemerintah tidak akan menghalagi lansia untuk menunaikan ibadah haji. Karena itu, Kemenag berupaya mencari solusi agar jamaah Lansia agar tidak menunggu bertahun-tahun untuk berangkat haji. "Format aturan bakunya sedang kami susun. Agar semua Lansia bisa segera berangkat menunaikan ibadah haji," ujar ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Data Kemenag menyebutkan kenaikan jumlah jamaah haji yang meninggal di Arab Saudi menjadi sebanyak 350 orang. Rinciannya, jamaah pria yang meninggal sebanyak 197 orang dan wanita 153 orang. Rata-rata usia jamaah meninggal di atas 60 tahun sebanyak 246 orang, usia 50-59 tahun 82 orang, dan usia 40-49 tahun 22 orang. Jamaah haji yang meninggal tidak hanya terjadi pada haji reguler, tapi juga haji khusus yang mencapai 22 orang.

JAKARTA - Pemerintah mempersiapkan langkah antisipatif untuk mengurangi tingginya angka kematian jamaah haji ketika menunaikan ibadah di Tanah Suci.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News