2011, Target MRT Jakarta Beroperasi

2011, Target MRT Jakarta Beroperasi
2011, Target MRT Jakarta Beroperasi
JAKARTA - Setelah dipersiapkan sekian lama, direncanakan sistem Mass Rapid Transit (MRT) atau kereta api bawah tanah di kota Jakarta akan mulai beroperasi tahun 2011 mendatang. Tahun ini, engineering design MRT ditargetkan telah selesai. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Syahrial Loetan, Kamis (25/2), menjawab JPNN di ruang kerjanya.

"MRT kita targetkan bersama dengan Pemprov DKI Jakarta, akan mulai eksekusi 2011 nanti. Tahun ini engineering design-nya selesai. Tender juga sedang dilakukan tahun ini juga. Persiapan untuk operasional MRT juga tengah dipersiapkan menjadi piloct project (guna) mengatasi kemacetan dan kepadatan kota," kata Syahrial.

Dikatakan Syahrial, MRT Jakarta memang terlambat direalisasikan dari jadwal semula tahun 2010. Namun demikian, usaha operasional MRT menjadi salah satu prioritas pemerintah saat ini. Nantinya pengembangan MRT diharapkan bisa melayani seluruh jalur transportasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), dengan melibatkan pihak swasta melalui pola Public Private Partnership.

"Kita memberikan kemudahan-kemudahan nantinya kepada pihak swasta untuk ikut mengembangkan MRT. Karena kalau hanya mengandalkan pemerintah, kita tidak akan punya uang sebesar itu. MRT ini sudah layak diberlakukan untuk kota-kota dengan kepadatan penduduk di atas satu juta," kata Syahrial.

JAKARTA - Setelah dipersiapkan sekian lama, direncanakan sistem Mass Rapid Transit (MRT) atau kereta api bawah tanah di kota Jakarta akan mulai beroperasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News