2013 AS Bantu Pendidikan RI Rp981,5 M

2013 AS Bantu Pendidikan RI Rp981,5 M
Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa (kiri) dan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton (kanan) saat memberi keterangan pers usai pertemuan bilateral di Kemenlu, Jakarta, Senin (3/9). Pertemuan bilateral tersebut merupakan kelanjutan dari serangkaian perbincangan sebelumnya termasuk ASEAN Regional Forum yang dihelat di Pnom Penh pada Juli 2012 lalu serta kerjasama bilateral antara dua negara serta isu-isu terkini. Foto : Arundono/JPNN
JAKARTA - Rangkaian kunjungan Menteri Luar Negeri AS Hillary Rodham Clinton di Asia dimulai di Indonesia. Dia tiba di Jakarta Senin (3/9), dan langsung menggelar jamuan makan malam dengan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa.

Dalam pidato sebelum makan malam, Hillary membeberkan agenda kerja sama AS-RI. Dia mengatakan, tahun depan agenda utama kerjasama dua negara fokus pada urusan pendidikan. "Pendidikan tetap jadi modal pembangunan ekonomi dan kesejahteraan," katanya.

Bentuk kongkrit kerjasama ini adalah, AS akan mengucurkan bantuan senilai USD 103 juta atau setara dengan Rp 981,5 milar. Anggaran bantuan terbagi untuk penguatan pendidikan dasar Indonesia senilai USD 80 juta. Selanjutnya untuk beasiswa S2 mahasiswa Indonesia di AS sebesar USD 23 juta.

Selain urusan pendidikan, Hillary juga menyanjung Indonesia yang baru saja sukses menjadi ketua ASEAN. Dalam forum ini, Hillary memandang Indonesia mampu meredam gejolak sengketa Laut Cina Selatan.

JAKARTA - Rangkaian kunjungan Menteri Luar Negeri AS Hillary Rodham Clinton di Asia dimulai di Indonesia. Dia tiba di Jakarta Senin (3/9), dan langsung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News