2018, Kemenhub Dapat Alokasi Anggaran Rp 48,187 triliun

2018, Kemenhub Dapat Alokasi Anggaran Rp 48,187 triliun
Gedung Kementerian Perhubungan. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan memiliki total Pagu Anggaran 2018 sebesar Rp 48,187 triliun. Nilai tersebut dialokasikan menjadi empat fokus prioritas program 2018.

Empat prioritas program tahun depan itu yakni meningkatkan keselamatan dan keamanan transportasi, kapasitas sarana dan prasarana transportasi, kualitas layanan umum transportasi, menyelenggarakan tata kelola, regulasi dan dukungan manajemen di lingkungan Kemenhub.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR, Rabu (6/9).

Menurut Budi, bila dibandingkan dengan Pagu Indikatif Tahun Anggaran 2017 terdapat penurunan pagu sebesar Rp. 298,507 miliar yang bersumber dari Rencana Penarikan Pinjaman Luar Negeri pada proyek Bandung Urban Railway Transport Development, Electrification Padalarang-Cicalengka Line (PLN/AFD & PLN/Natixis) serta Engineering Services for Jakarta MRT East-West Line Project Phase I (PLN/JICA).

Untuk mengoptimalisasi dan fokus kepada sasaran pembangunan 2018, Budi menyampaikan masing-masing sub sektor telah menetapkan target di tahun 2018.

“Dalam rangka optimalisasi dan fokus kepada sasaran pembangunan tahun 2018, Ditjen Perhubungan Darat, Ditjen Perhubungan Laut, Ditjen Perhubungan Udara, Ditjen Perkeretaapian, dan BPSDM-P sudah menetapkan sejumlah target di tahun 2018. Esensinya adalah bagaimana program pembangunan ini dilakukan secara merata dan bermanfaat bagi masyarakat,” tutur Budi.

Dia menjelaskan upaya target yang ditetapkan Ditjen Perhubungan Darat untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas prasarana dan sarana.

“Ditjen Perhubungan Darat terus berupaya meningkatkan kapasitas dan kualitas baik prasarana maupun sarana, dengan target pembangunan Bus Rapid Transit/BRT sebanyak 635 unit, pembangunan terminal tipe A sebanyak 16 lokasi, rehabilitasi/peningkatan terminal tipe A sebanyak 40 lokasi, pembangunan kapal penyeberangan sebanyak 7 unit, dan pembangunan pelabuhan penyeberangan sebanyak 20 lokasi,” jelasnya.

Nilai total pagu anggaran Kementerian Perhubungan 2018 sebesar Rp 48,187 triliun mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan 2017.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News