2019, Tren Mobkas SUV dan Small Car Akan Geser MPV

2019, Tren Mobkas SUV dan Small Car Akan Geser MPV
Mobil bekas jenis SUV. Foto: Dedi Sofyan/JPNN.com

jpnn.com - Diprediksikan bahwa tahun depan pasar mobil bekas (mobkas) akan lebih banyak menikmati penjualan di segmen sport utility (SUV) dan small car, selain MPV.

Hal itu disampaikan bos korporasi jual beli mobil bekas khusus dari brand Astra, Mobil88, Halomoan Fischer Lumbantoruan bahwa tren tahun depan tampak segmen mobkas SUV dan small car mulai tumbuh.

Kenaikan dua segmen itu, lanjut Halomoan, karena tahun ini saja pangsa pasar mobil bekas jenis multi purpose vehicle (MPV) mulai menurun.

"Dari yang tadinya bisa sampai 55 persen, kini mobkas MPV turun ke 45 persen. Penurunan ini karena konsumen sudah mulai bergerak ke dua segmen tadi (SUV dan small car)," tegas Halomoan kepada wartawan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Halomoan menjelaskan, jadi saat ini konsumen sudah tidak lagi pada orientasi MPV, tapi mulai ke SUV terutama medium size serta small car.

"Alasannya? Lebih ke kultur individual daripada family oriented yang dahulu kita ingat sangat kuat slogan 'mangan ora mangan asal kumpul' jadi punya mobil bukan untuk rame-rame lagi. Juga soal stylish atau gaya hidup kekinian ikut memengaruhi," kata Halomoan.

Mobil88 juga optimistis, pada 2019 penjualan mobil bekas mereka bisa terus tumbuh meski tidak menargetkan terlalu tinggi.

"Kita harapkan, tahun depan target kita bisa naik 15 persen dari capaian 21 ribu unit mobkas yang kita jual tahun ini," tandas dia. (mg8/jpnn)


Diprediksikan bahwa tahun depan pasar mobil bekas (mobkas) akan lebih banyak menikmati penjualan di segmen sport utility (SUV) dan small car, selain MPV.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News